Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perusahaan Ini Pasang Pengendali Lalu Lintas Cerdas di Solo

Kompas.com - 13/07/2023, 20:38 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Teknologi Karya Digital Nusa Tbk (PT TKDN) beberapa waktu lalu menerapkan sistem pengendalian lalu lintas cerdas berbasis Artificial Intelligent (AI) di Simpang Tugu Wisnu Manahan dan Simpang Sumber Girimulyo Kota Solo, Jawa Tengah.

Sebagai smart city enabler di Indonesia, Intelligent Traffic Control System (ITCS) atau sistem pengendalian lalu lintas cerdas dari PT TKDN diklaim mampu mengurai kemacetan di persimpangan lampu merah.

Hal itu bisa dilakukan karena ITCS telah dilengkapi teknologi AI Digital Twin 3D Generasi ke-5 dan teknologi AI Predictive Modelling.

Kabar terbaru, sistem yang sama juga sedang dalam tahap Verifikasi, Validasi & Evaluasi (VV&E) oleh organisasi Intelligent Transportation System Association of Indonesia (ITS Indonesia).

Baca juga: Harga Bensin BP AKR Turun, Ini Daftar Lengkap Harga BBM di Jabodetabek

Penerapan teknologi Intelligent Traffic Control System (ITCS) oleh PT TKDNPT TKDN Penerapan teknologi Intelligent Traffic Control System (ITCS) oleh PT TKDN

Hal itu sebagaimana disampaikan oleh David Santoso, Direktur Utama PT TKDN. Dirinya optimis teknologi ITCS bisa lolos tahap VV&E dan bisa segera diimplementasikan ke semua kota besar.

“Kami pun telah melakukan uji coba ITCS ini di kota Solo selama kurang lebih 3 bulan sehingga kami bisa pastikan bahwa teknologi ini dapat menyesuaikan dengan kondisi riil lalu lintas di Indonesia,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (13/7/2023).

Menyoal kinerja, teknologi ITCS milik PT TKDN mampu mendeteksi penumpukan kendaraan saat terjadi antrian di lampu merah dan menyesuaikan lampu lalu lintas sesuai dengan padatnya arus kendaraan di setiap kaki simpang.

Hal itu memungkinkan macet akibat penumpukan kendaraan di lampu merah selanjutnya dapat dihindari.

Baca juga: Banyak Truk ODOL, Pemilik Truk Enggan Daftar Asuransi

Teknologi Intelligent Traffic Control System (ITCS) bisa membantu mengatur lalu lintas dan mengurai kemacetanPT TKDN Teknologi Intelligent Traffic Control System (ITCS) bisa membantu mengatur lalu lintas dan mengurai kemacetan

Kamera yang berfungsi juga sebagai detektor dipasang pada masing-masing kaki simpang untuk menginformasikan kepada kontroler mengenai kondisi lalu lintas dan menghitung jumlah volume kendaraan (vehicle counting) secara real time.

David menambahkan, ITCS terbaru juga sudah dilengkapi dengan teknologi kamera inframerah (IR Blaster) untuk mendukung kinerjanya.

“Sehingga tetap bisa menjalankan semua fitur tersebut di malam hari dengan tangkapan lalu lintas yang lebih jelas,” ujarnya.

Adapun beberapa fitur dari ITCS yang telah diuji coba dan akan tersertifikasi, yaitu:

Baca juga: Honda Siapkan Mesin 400cc 4 Silinder, Kebangkitan CB400SF

Lampu Lalu Lintas Perempatan Kiaracondong-Soekarno Hatta, terkenal oleh warga Kota Bandung dengan durasi berhenti yang lama.KOMPAS.COM/PUTRA PRIMA PERDANA Lampu Lalu Lintas Perempatan Kiaracondong-Soekarno Hatta, terkenal oleh warga Kota Bandung dengan durasi berhenti yang lama.

1. VIP Green Wave (Emergency Vehicle, VVIP Vehicle, dst)

Deteksi kendaraan yang sudah ditentukan berdasarkan ANPR (Automatic Plate Number Recognition) dan Jenis Kendaraan agar bisa mendapatkan prioritas lampu hijau di 2 simpang yang dilewati secara berurutan.

2. Bus Priority

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com