Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kasus Pengendara di Bawah Umur dan Helm Non-SNI Marak Terjadi di Jabar

Kompas.com - 11/07/2023, 16:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengendara di bawah umur dan pemakaian helm non-SNI dianggap sebagai jenis pelanggaran yang sering terjadi di wilayah Jawa Barat.

Hal itu sebagaimana disampaikan Kombes Ibrahim Tompo, Kabid Humas Polda Jabar, berdasarkan rekapitulasi pelanggaran yang telah didata.

“Memang dua jenis pelanggaran itu yang masih marak terjadi,” ucapnya kepada Kompas.com, Senin (10/7/2023).

Menindaklanjuti hal tersebut, Operasi Patuh Lodaya 2023 yang digelar pada Senin (10/7/2023) diharapkan bisa mengedukasi masyarakat tentang keselamatan berkendara yang baik dan benar.

Baca juga: Bahas Konsep Desain Bus yang Abadi, Jangan Neko-neko

Pelajar tampak mencium tangan polisi usai ditilang karena mengendarai motor sambil merokok di Jalan Margonda Raya, Rabu (17/5/2023).KOMPAS.com/M Chaerul Halim Pelajar tampak mencium tangan polisi usai ditilang karena mengendarai motor sambil merokok di Jalan Margonda Raya, Rabu (17/5/2023).

Dia menambahkan, beberapa jenis pelanggaran minor yang terjadi biasanya bukan karena ketidaktahuan, melainkan sikap acuh tak acuh dari pengendara.

Ibrahim optimistis bahwa pemberlakuan operasi patuh bisa menjadi semacam shock therapy yang bisa kembali mengingatkan masyarakat akan aturan berkendara di jalan umum.

“Karena konsepnya operasi patuh adalah edukasi persuasif, jadi anggota akan bertindak tegas. Intinya adalah supaya masyarakat tahu aturan yang berlaku,” kata dia.

Dia melanjutkan, satu pelanggaran lain yang juga masih sering dijumpai adalah kendaraan yang tidak dilengkapi pelat nomor, baik itu mobil maupun motor.

Baca juga: Ini Tujuan Polisi Gelar Operasi Patuh 2023

Polisi sedang menilang beberapa pengendara di Jalan Gatot Subroto, depan pintu masuk SCBD, Jakarta Selatan, Selasa (16/5/2023).KOMPAS.com/RIZKY SYAHRIAL Polisi sedang menilang beberapa pengendara di Jalan Gatot Subroto, depan pintu masuk SCBD, Jakarta Selatan, Selasa (16/5/2023).

Menurut dia, ini jelas-jelas merupakan tindakan indisipliner dan banyak masyarakat yang sudah terlena.

“Jadi mulai hari ini akan kami tertibkan kembali supaya keteraturan jalan bisa terjadi,” ucap Ibrahim.

Untuk diketahui, Operasi Patuh Lodaya 2023 yang berlangsung di Provinsi Jawa Barat akan berlangsung selama dua pekan, yakni sejak Senin (10/7/2023) hingga Minggu (23/7/2023).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com