Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Andalan Karoseri Laksana kalau Bikin Bodi Bus

Kompas.com - 11/07/2023, 10:42 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com - Karoseri Laksana merupakan pembuat bodi bus yang cukup besar di Indonesia. Sudah hadir sejak 46 tahun lalu, Laksana membuktikan bahwa produknya punya berbagai keunggulan dari yang lain.

Alvin Arman, Direktur Komersial Laksana, mengatakan, ada lima andalan Laksana dalam produk yang ditawarkan. Pertama adalah soal safety, baik untuk penumpang maupun pengemudi.

"Pertama kita concern di sisi safety. Kita coba dari 2018 aplikasikan standar safety dari Eropa, secara tetap dan konsisten," kata Alvin di Karoseri Laksana Ungaran, Kamis (6/7/2023).

Baca juga: VKTR Ekspansi Pabrik Bus dan Truk di Magelang, Produksi 1.500 unit Tiap Tahun

Hasil tes UN ECE R29 yang dilakukan Karoseri Laksana Kompas.com/Fathan Hasil tes UN ECE R29 yang dilakukan Karoseri Laksana

Standar yang dipakai Laksana adalah UN ECE, mulai dari uji guling, kekuatan bangku, kestabilan, tabrak depan, dan sebagainya. Tujuannya satu, yakni menciptakan bus yang lebih berkeselamatan.

"Kedua, ada hubungannya dengan durability, bahan material sudah kita pakai yang tahan karat, supaya life time bisa lebih jauh," kata Alvin.

Lalu, keunggulan ketiga adalah lini produknya yang lengkap, dari bus medium sampai besar dan double decker. Begitu juga dengan bus kota, tersedia dari model medium, bahkan gandeng.

Baca juga: Karoseri New Armada Merilis Bodi Sleeper Bus Perdana

"Keempat, saya kira salah satunya produk kita sudah mulai diakui (dunia). Kita sudah ekspor ke empat negara, Bangladesh, Kepulauan Fiji, Timor Leste, dan terakhir Laos," kata Alvin.

Berbagai jenis bus sudah dibawa ke negara lain, ada yang medium, besar, sampai double decker. Jadi, sudah tidak diragukan lagi soal produk yang dibuat Laksana.

"Kelima, saya kira pengalaman kita cukup panjang, 46 tahun. Kita sudah dipercaya customer, dan ini salah satu bukti kalau kita konsisten, soal safety dan totalitas," ucap Alvin.

Melihat berbagai keunggulan tadi, semakin tidak sabar apa saja inovasi yang mau dibawa Laksana pada produk barunya. Apalagi nanti saat GIIAS, ada bus baru yang akan dipamerkan oleh karoseri asal Ungaran ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com