Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menperin Minta Daihatsu Mulai Produksi Mobil Listrik pada 2025

Kompas.com - 07/07/2023, 18:12 WIB
Aprida Mega Nanda,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perindustrian RI (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita berharap Daihatsu bisa segera memproduksi kendaraan listrik di dalam negeri pada tahun 2025 mendatang.

Hal ini disampaikan Agus dalam sambutannya pada perayaan pencapaian produksi ke 8 juta unit di Sunter Assembly Plant, Jakarta, pada Jumat (7/7/2023).

“Pemerintah mendorong PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mampu mewujudkan Innovation for Tomorrow dengan target pada tahun 2025 mampu mengeluarkan line up produksi kendaraan elektrifikasi baik itu hybrid maupun full electric di Indonesia,” ucap Agus.

Baca juga: Pakar Sebut Perilaku Pengemudi Sektor Tambang Patut Dicontoh

“Hal ini sejalan dengan langkah PT ADM yang telah mengenal prototipe Ayla EV pada GIIAS 2022,” lanjutnya.

Seperti diketahui, dalam beberapa kesempatan ADM juga sempat memamerkan mobil listrik terbaru dan hasil kreasi pusat litbang-nya di pameran otomotif nasional, yaitu Ayla EV dan Rocky e-Smart Hybrid.

Ilustrasi produksi mobil di pabrik Daihatsu.KOMPAS.com / FEBRI ARDANI Ilustrasi produksi mobil di pabrik Daihatsu.

Sebelumnya, ADM juga telah melakukan groundbreaking pembangunan pabrik baru yang berlokasi di Karawang, Jawa Barat. Pembangunan pabrik ini ditargetkan bakal rampung pada akhir 2024 dan mulai beroperasi pada awal 2025.

Diperkirakan pabrik tersebut bakal memproduksi kendaraan elektrifikasi Daihatsu pada 2025 mendatang. Sinyal ini diperkuat dengan pernyataan Yasushi Kyoda, Presiden Direktur PT ADM yang menjelaskan bahwa pabrik baru dengan investasi Rp 2,9 triliun itu, diklaim memiliki kemampuan untuk memproduksi mobil listrik.

Baca juga: Daihatsu Rayakan Capaian Produksi 8 Juta Unit di Indonesia

Menanggapi hal ini, Sri Agung Handayani, Marketing Director and Corporate Planning & Communication Director PT ADM, masih enggan untuk memberi bocoran lebih lanjut terkait rencana elektrifikasi Daihatsu kedepannya.

“Komitmen kita dari pemerintah sendiri kan meminta tahun 2025, seperti yang tadi pak menteri sampaikan. Kita menuju ke sana di 2025. (Untuk modelnya) Nanti pada saatnya kita sampaikan,” kata Agung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com