Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mesin Mobil Honda Aman Minum Pertamax Green 95

Kompas.com - 07/07/2023, 16:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) sudah resmi memasarkan Pertamax dengan campuran bioetanol sebesar 5 persen (E5) mulai Juli 2023. Honda mengklaim bahwa semua modelnya bisa mengonsumsi jenis bahan bakar minyak (BBM) tersebut.

Untuk jenis BBM ini, Pertamina menggunakan nama Pertamax Green 95. Pertamax dengan RON 92 dicampur dengan bioetanol sebesar 5 persen.

Bioetanol sendiri merupakan salah satu bentuk energi terbarukan yang bisa diproduksi dari tumbuhan melalui proses fermentasi. Penggunaan bioetanol yang dicampur ke bahan bakar fosil dapat menurunkan kadar emisinya.

Baca juga: Suzuki XL7 Hybrid Sudah Bisa Minum Bioetanol

Penggunaan bioetanol bisa mengangkat kotoran yang ada di sistem bahan bakar karena memiliki kandungan detergen. Kotoran selanjutnya akan terkumpul di filter bensin. Sehingga, komponen tersebut berpotensi lebih pendek usia pakainya.

SPBU Pertamina. Pemerintah berencana mencampur Pertamax dengan Bioetanol.Dok. Pertamina SPBU Pertamina. Pemerintah berencana mencampur Pertamax dengan Bioetanol.

Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor (HPM), mengatakan, kalau dengan kondisi E5, saat ini mobil Honda di Indonesia sudah compatible dan tidak ada masalah.

"Kalau secara global, di luar Indonesia, sudah ada beberapa negara menggunakan bioetanol di atas lima persen untuk beberapa model Honda," ujar Billy, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Shell Indonesia Masih Enggan Produksi Bioetanol seperti Pertamina

Honda Brio RS faceliftKompas.com/Adityo Honda Brio RS facelift

"Misalkan di Thailand, ada E85 Accord, Civic, dan juga E20 City, HR-V, Civic, Accord," kata Billy.

Billy menambahkan, pihaknya akan memonitor terus perkembangan penggunaan bioetanol di Indonesia. Sebab, Honda juga sekarang fokus kepada mobil yang ramah lingkungan. Tidak hanya mobil listrik, tapi juga mobil dengan mesin pembakaran internal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com