Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daihatsu Rayakan Capaian Produksi 8 Juta Unit di Indonesia

Kompas.com - 07/07/2023, 16:41 WIB
Aprida Mega Nanda,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Daihatsu Indoensia merayakan pencapaian produksi ke 8 juta unit di Sunter Assembly Plant, Jakarta, pada Jumat (7/7/2023).

Presiden Direktur PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Yasushi Kyoda mengatakan capaian produksi ke 8 juta unit ini merupakan sebuah pencapaian penting bagi Daihatsu atas usahanya dalam berkontribusi untuk membangun Indonesia.

“Kami mengucapkan terima kasih yang tulus atas kepercayaan dari seluruh pelanggan setia, pemerintah di Indonesia, serta seluruh pihak yang telah membantu capaian ke 8 Juta unit ini. Kami berharap ADM dapat selalu menyediakan best value product yang berkualitas untuk pasar otomotif di Indonesia dan juga di dunia,” ucap Yasushi.

Baca juga: Bahas Performa dan Konsumsi BBM Toyota Agya Vs Daihatsu Ayla

Capaian Daihatsu Indonesia produksi delapan juta kendaraan di pabrik Sunter, Jakarta UtaraKompas.com/Nanda Capaian Daihatsu Indonesia produksi delapan juta kendaraan di pabrik Sunter, Jakarta Utara

Sebagai informasi, sejak 1978, Daihatsu telah hadir mewarnai industri otomotif di Indonesia selama 45 tahun.

Didukung oleh lima pabrik dan beragam fasilitas lainnya seperti R&D Center, Serive Part Center, Vehicle Logistic Center, dan Head Office, ADM memiliki kapasitas produksi 530.000 unit per-tahun, yang menjadikannya sebagai salah satu produsen otomotif terbesar di Indonesia sekaligus menjadi basis produksi dan komponen dalam memenuhi permintaan baik untuk pasar domestik, maupun global bagi grup Daihatsu dan Toyota.

Pada pasar domestik, Daihatsu mampu mempertahankan posisi nomor dua penjualan ritel otomotif nasional selama 14 tahun berturut-turut. ADM juga mengekspor kendaraannya ke lebih dari 80 negara tujuan.

Baca juga: Mesin Mobil Honda Aman Minum Pertamax Green 95

“Selamat dan sukses kepada PT Astra Daihatsu Motor atas pencapaian prestasi yang membanggakan ini. Semoga prestasi baik tersebut dapat ditingkatkan, dan semakin memantapkan posisi ADM sebagai salah satu produsen kendaraan bermotor roda empat terbesar di Indonesia, di Asia Tenggara, bahkan di dunia,” kata Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Perindustrian Republik Indonesia.

Sejalan dengan tema Bersama Sahabat Membangun Negeri, ADM terus berkomitmen untuk melanjutkan semangat ini melalui pembangunan pabrik baru yang modern dan ramah lingkungan di Karawang Timur. 

Capaian Daihatsu Indonesia produksi delapan juta kendaraan di pabrik Sunter, Jakarta UtaraKompas.com/Nanda Capaian Daihatsu Indonesia produksi delapan juta kendaraan di pabrik Sunter, Jakarta Utara

Pabrik baru dengan nilai investasi sebesar 2,9 Triliun Rupiah ini berkonsep E-SSC (Evolution, Simple, Slim, Compact), serta memiliki kapasitas produksi sebesar 140.000 unit per tahun siap mengembangkan kendaraan untuk masa depan.

”Daihatsu berkomitmen akan terus mendukung ADM, salah satunya dengan mewujudkan pembangunan fasilitas pabrik perakitan baru yang modern dan ramah lingkungan di Karawang Timur pada Februari 2023 lalu sebagai dukungan terhadap program Netralitas Karbon, pengembangan sumber daya manusia yang berkelanjutan, dan pengembangan kendaraan untuk masa depan,” ujar Presiden Daihatsu Motor Co., Ltd., Jepang, Soichiro Okudaira.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com