Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MGPA Tanggapi Soal Rencana Penghapusan WorldSBK Mandalika

Kompas.com - 07/07/2023, 09:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum lama ini, disebutkan bahwa ajang balap motor internasional World Superbike (WorldSBK) akan dihapus penyelenggaraannya di Sirkuit Mandalika. Kabar tersebut ditanggapi juga oleh Mandalika Grand Prix Association (MGPA).

Untuk diketahui, MGPA merupakan pengelola Pertamina Mandalika International Circuit. Sementara pemilik sirkuit sendiri adalah Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC).

Baca juga: Mandalika Racing Series 2023 Siap Tampilkan Semua Kelas Balap Motor

Sebelumnya, Direktur Utama InJourney Dony Oskaria, mengatakan, penyelenggaraan WorldSBK menunjukkan kerugian. Sehingga, pihaknya akan melakukan negosiasi untuk menghilangkan WorldSBK.

Sejumlah pebalap nasional memacu kecepatan saat mengikuti sesi kualifikasi Kejurnas balap motor Mandalika Racing Series 2023 di Pertamina Mandalika International Street Circuit di KEK Mandalika, Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (4/3/2023). Ajang Kejuaraan Nasional balap motor Mandalika Racing Series diikuti oleh 18 pebalap Nasional yang putaran perdananya dilangsungkan bersamaan dengan gelaran FIM Superbike World Championship (WSBK) seri kedua di Mandalika.ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/nzANTARA FOTO/AHMAD SUBAIDI Sejumlah pebalap nasional memacu kecepatan saat mengikuti sesi kualifikasi Kejurnas balap motor Mandalika Racing Series 2023 di Pertamina Mandalika International Street Circuit di KEK Mandalika, Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (4/3/2023). Ajang Kejuaraan Nasional balap motor Mandalika Racing Series diikuti oleh 18 pebalap Nasional yang putaran perdananya dilangsungkan bersamaan dengan gelaran FIM Superbike World Championship (WSBK) seri kedua di Mandalika.ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/nz

"Penghapusan WSBK bisa berdampak Rp 100 miliar penurunan pada kerugian Mandalika. Sementara untuk MotoGP, akan dilihat juga seberapa negatifnya dari sponsorship dan biaya operasionalnya," ujar Dony, saat rapat bersama Komisi VI DPR RI, yang disiarkan dari kanal Youtube Komisi VI DPR RI, Kamis (15/6/2023).

Direktur MGPA Priandhi Satrya mengatakan, ini merupakan hitung-hitungan bisnis. Saat ini, sedang dipertimbangankan oleh para pihak dari segi jumlah penontonnya apakah masyarakat Indonesia ingin menonton ajang balap tersebut.

Baca juga: Karena Rugi WSBK Mau Dihapus dari Mandalika, Ini Komentar ITDC

"Event-nya ada, kalau masyarakat tidak ingin menonton, itu sesuatu yang beda juga. Apakah peminatnya ada? Apakah peminatnya mau datang? Bersedia membayar untuk sejumlah itu? Hitung-hitungan di ujungnya menutup nggak untuk sebuah event? Itu yang sedang kita hitung," ujar Priandhi, saat ditemui di Jakarta, Kamis (6/7/2023).

Gelaran World Superbike (WSBK) akan digelar untuk kali kedua di Pertamina Mandalika International Street Circuit Dok. Injourney Gelaran World Superbike (WSBK) akan digelar untuk kali kedua di Pertamina Mandalika International Street Circuit

Priandhi menambahkan, saat ini soal penyelenggaraan WorldSBK di Sirkuit Mandalika masih dipertimbangkan. Pihaknya belum ada korespondensi dengan pihak Dorna Sports.

Sebelumnya, disebutkan kontrak Pertamina Mandalika International Circuit dengan Dorna Sports mencapai sepuluh tahun. Meskipun, pada umumnya kontrak sirkuit dengan Dorna Sports hanya berlangsung tiga tahun.

Hasil foto kamera utama 64 MP mode malam di Galaxy A53 5G. Bisa dilihat, detail tulisan Pertamina Mandalika International Street Circuit yang dipenuhi lampucukup tajam dan memiliki warna yang menyerupai aslinya meski diambil pada malam hari. 
KOMPAS.com/BILL CLINTEN Hasil foto kamera utama 64 MP mode malam di Galaxy A53 5G. Bisa dilihat, detail tulisan Pertamina Mandalika International Street Circuit yang dipenuhi lampucukup tajam dan memiliki warna yang menyerupai aslinya meski diambil pada malam hari.

Jika kontrak sudah berakhir, pihak sirkuit bisa memperpanjang kontraknya untuk tiga tahun berikutnya. Tahun ini adalah tahun ketiga Sirkuit Mandalika menjadi tuan rumah WorldSBK.

Terkait kontrak Sirkuit Mandalika dengan Dorna Sports, pihak MGPA mengaku tidak ikut campur. Priandhi mengatakan, hal tersebut merupakan ranah dari ITDC.

“Kalau itu ranah kontrak ini di antara ITDC dengan Dorna, MGPA ditunjuk setiap saat untuk menjalankan event. Kami baru dapat surat penugasan untuk melangsungkan MotoGP 2023," kata Priandhi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com