Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sirkuit Mandalika Gelar Fun Run Difabel

Kompas.com - 24/06/2023, 17:12 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pertamina Mandalika International Circuit atau Sirkuit Mandalika, biasa menggelar ajang balap internasional, seperti World Superbike (WSBK) dan MotoGP. Tapi, sirkuit ini bisa juga digunakan untuk keperluan lainnya.

Dalam rangka hari Bhayangkara ke-77, Polda Nusa Tenggara Barat (NTB), belum lama ini menggelar "Fun Run Difabel" di Sirkuit Mandalika, pada Sabtu (24/6/2023).

Baca juga: Karena Rugi WSBK Mau Dihapus dari Mandalika, Ini Komentar ITDC

Acara ini adalah bentuk kerjasama antara Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), Mandalika Grand Prix Association (MGPA) dan Polda NTB, bersama Komunitas Sosial Tulus Angen Community (TAC).

Fun Run Difabel digelar di Sirkuit MandalikaDok. ITDC Fun Run Difabel digelar di Sirkuit Mandalika

Fun Run Difabel adalah lomba dengan menempuh jarak sepanjang 2,1 km melewati trek atau lintasan Sirkuit Mandalika. Fun Run Difabel diikuti sekitar 100 orang peserta difabel atau penyandang disabilitas, terdiri dari 50 orang peserta laki–laki dan 50 orang peserta perempuan.

Kategori yang dilombakan, yaitu Kursi Roda Dewasa Putra dan Kursi Roda Dewasa Putri. Fun Run Difabel juga dimeriahkan, dengan panggung hiburan bagi peserta lomba dan undangan.

“Sungguh berbahagia bagi kami untuk bisa bersama–sama menyelenggarakan kegiatan yang mulia ini. Pertamina Mandalika International Circuit wajib untuk bisa dinikmati oleh semua kalangan," ujar Priandhi Satria Direktur Utama MGPA, dalam keterangan resminya.

Baca juga: WSBK Mau Dihapus dari Mandalika, Bagaimana dengan MotoGP?

"Event ini mungkin menjadi event pertama bagi saudara–saudara kita bisa berlomba di dalam yang biasa digunakan untuk kegiatan balap motor international seperti WSBK dan MotoGP, tetapi kami ingin menyelenggarakan kegiatan–kegiatan lain sehingga sirkuit ini bisa dinikmati oleh seluruh kalangan,” kata Priandhi.

Fun Run Difabel digelar di Sirkuit MandalikaDok. ITDC Fun Run Difabel digelar di Sirkuit Mandalika

Direktur Utama ITDC Ari Respati, mengatakan, pihaknya percaya bahwa semua orang memiliki hak untuk berpartisipasi dalam kegiatan olahraga dan rekreasi, tanpa memandang keterbatasan fisik atau mental.

"Kami telah berupaya untuk memastikan bahwa event Fun Run Difabel ini menyediakan fasilitas dan aksesibilitas yang sesuai. Rute lomba akan dirancang dengan mempertimbangkan kebutuhan difabel, termasuk pengguna kursi roda atau peserta dengan keterbatasan mobilitas," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com