Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Shell Eco-Marathon 2023 Siap Digelar di Sirkuit Mandalika

Kompas.com - 15/06/2023, 12:30 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Shell Eco-marathon Asia kembali diselenggarakan di tahun 2023 dengan Indonesia sebagai tuan rumah pada 4-9 Juli 2023 di Sirkuit Internasional Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Ajang kompetisi balap ini diperuntukkan sebagai wadah bagi generasi muda untuk mengembangkan ide-ide inovatif untuk kendaraan yang lebih efisien.

Nantinya, akan didatangkan lebih dari 80 tim dari 14 negara di kawasan Asia dan Timur Tengah. Tahun ini, lebih dari 50 tim peserta dari berbagai provinsi di Indonesia akan turut berpartisipasi dalam kompetisi mobil hemat energi ini.

Baca juga: Mitsubishi Motors Tambah Diler Baru di Bogor

Shell Eco-Marathon 2023 siap digelardi Sirkuit Mandalika Kompas.com/Daafa Shell Eco-Marathon 2023 siap digelardi Sirkuit Mandalika

Selain menjadi ajang kompetisi adu inovasi, Shell Eco-marathon juga menjadi wadah konektivitas bagi pelajar, pelaku bisnis, akademisi serta pemangku kepentingan yang memiliki minat dalam mengembangkan inovasi untuk masa depan yang berkelanjutan.

Susi Hutapea, Vice President Corporate Relations Shell Indonesia mengatakan, ajang eco-marathon diharapkan bisa memantik kreativitas mahasiswa muda dalam memunculkan inovasi baru

“Melalui Shell Eco-marathon, kami berharap dapat terus mendorong tim mahasiswa untuk menciptakan terobosan dan berkontribusi terhadap agenda transisi energi di Indonesia.” Ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (15/6/2023).

Indonesia menjadi negara dengan tim peserta terbanyak yang mengirimkan perwakilannya di ajang Eco-marathon tahun ini. Lebih dari 50 tim yang berasal dari berbagai universitas yang tersebar di seluruh Indonesia telah mempersiapkan inovasinya.

Tim-tim mahasiswa peserta Shell Eco-marathon akan berkompetisi dalam dua kategori rancangan kendaraan yakni UrbanConcept dan Prototype. Adapun sumber energi atau bahan bakar untuk kendaraan yang digunakan juga bervariasi yakni baterai listrik, hydrogen fuel-cell, bensin, etanol dan atau diesel.

Baca juga: Bagnaia Mengaku Sering Baper Karena Kritik

Shell Eco-Marathon 2023 siap digelardi Sirkuit MandalikaKompas.com/Daafa Shell Eco-Marathon 2023 siap digelardi Sirkuit Mandalika

Kompetisi Shell Eco-marathon Asia 2023 kali ini juga akan menghadirkan berbagai rangkaian acara lainnya yang dapat dikunjungi oleh para peserta.

Beberapa acara yang dimaksud yaitu, seminar Shell Mobility, Shell LiveWIRE, Shell NXplorers, Shell Indonesia Women’s Network, juga Paddock Tour yang akan melibatkan berbagai pihak termasuk pelajar, mitra bisnis, pemangku kepentingan dan pelaku industri lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com