Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Harga Bikin Bus Besar Mewah di Karoseri Laksana?

Kompas.com - 07/07/2023, 09:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com - Karoseri Laksana bisa dibilang salah satu pionir dalam membuat bus besar mewah di Indonesia. Bahkan, kalau kenal bus dengan kabin penuh bangku sleeper atau suites class, Laksana jadi yang pertama membuatnya.

Bagi yang penasaran, kira-kira berapa harga untuk membuat satu unit bus ini di karoseri Laksana?

Alvin Arman, Direktur Komersial Laksana, mengatakan, untuk bus suites class, biaya pembuatannya bisa di atas Rp 1 miliar.

Baca juga: Pasang Standar Keamanan Baru, Laksana Bus Jalani Tes Tabrak Depan

Kabin bus baru PO Maju Terus Instagram @Laksanabus Kabin bus baru PO Maju Terus

"Suites Class bisa di atas Rp 1 miliar, begitu juga Suites Combi," kata Alvin di Karoseri Laksana, Ungaran, Jawa Tengah, Kamis (6/7/2023).

Kalau dibandingkan dengan bus standar yang 12 meter, harga pembuatan model Suites Class memang cukup jauh. Untuk yang biasa, harganya mulai Rp 650 juta.

"Kalau eksekutif tergantung opsi, dari Rp 650 juta biasanya range yang full option bisa Rp 750 juta sampai Rp 800 juta. Belum termasuk sasis, dapat bodi, interior dan kursi," kata Alvin.

Baca juga: Mandalika Racing Series 2023 Siap Tampilkan Semua Kelas Balap Motor

Perbedaan harga Suites Class, Suites Combi dan Standar bisa dari kursi yang digunakan, sistem hiburan yang dipakai, dan sebagainya. Apalagi Suites Combi, bisa memilih susunan kursi yang ada di depan, dari model 2-1, 2-2, sampai 2-3.

Sedangkan, kalau mau buat bus tingkat, harganya lebih tinggi lagi. Standar, termasuk bodi dan kursi di dalamnya mulai Rp 1,5 miliar.

Perlu diingat, harga di atas belum termasuk sasis. Untuk sasis bus 12 meter, sekarang harganya mulai Rp 800-an juta, apalagi sasis bus tingkat, bisa di atas Rp 1,5 miliar.

Jadi secara total, mau buat satu unit bus harus mengeluarkan kocek mulai dari Rp 1,5 miliar sampai tidak terbatas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com