Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intip Interior Bus PO Mahendra Transport

Kompas.com - 06/07/2023, 08:42 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Perusahaan otobus (PO) Mahendra Transport Indonesia (MTI)  menjadi pemain baru layanan bus AKAP yang ramai diperbincangkan sejak kemunculannya.

PO milik Rian Mahendra tersebut sudah mulai beroperasi  sejak 24 Juni 2023 di Tanah Air. Bahkan, begitu agen resmi menjual penjualan tiket, banyak yang memesan tiket bus.

Sebelum dirilis secara resmi, beberapa bocoran dari tampang bus milik Rian Mahendra tersebut terus mencuri pehatian banyak orang.

Baca juga: Ada 2 Tipe, Ini Harga Resmi Mobil Listrik MG4 EV

Pada eksterior bus tampil dengan gagah menggunakan karakter wayang pada bodi samping. Tidak hanya itu, tampang bus juga kian atraktif dengan garis livery abu-abu dan putih.

interior bus milik PO Mahendra Transport IndonesiaKOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI interior bus milik PO Mahendra Transport Indonesia

Bergeser ke bagian interior, kabin bus menggunakan sekat pemisah antara ruang kru bus dan penumpang. Lalu kursi penumpang menggunakan model legrest dengan konfigurasi dua kanan dan dua kiri.

"Bagian interior yang diubah itu kursi penumpang. Kalau sebelumnya saat masih menjadi bus PO Sembodo pakai kursi mewah model sofa dengan ukuran yang agak besar yang dilengkapi layar AVOD, kini menggunakan kursi model legrest dengan ukuran bus AKAP kelas eksekutif pada umumnya. Alhasil jumlah kursi penumpang jadi lebih bertambah," kata Moko Marquez salah satu sopir bus dari PO Mahendra Transport kepada Kompas.com di pool bus Pasar Sayur Cipulir, Rabu (6/7/2023).

Agar penumpang lebih nyaman, setiap kursi penumpang dengan kapaistas 40 penumpang itu terdapat sandaran tangan atau armrest. Kemudian, kabin bus juga masih dilengkapi dengan AC toilet, smoking area, dan bagasi kabin tanpa penutup yang menjadi desain bawaan dari bus PO Sembodo. 

Tidak hanya itu, kabin bus juga dilengkapi dengan TV pada ruang penumpang dan ruang kru bus yang digantung pada bagian atap. 

"Bus juga dilengkapi dengan CCTV yang menghadap ke ruang kursi penumpang," kata Marquez.

Interior bus Mahendra Transport Indonesia (MTI)  KOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI Interior bus Mahendra Transport Indonesia (MTI)

Baca juga: Erick Thohir Ajak PLN dan IBC Gandeng China Kembangkan Baterai EV

Seperti yang sempat di beritakan, keempat unit bus tersebut merupakan unit bekas layanan PO Sembodo yang dirancang ulang menggunakan desain PO MTI.

Secara spesifikasi, bus tersebut menggunakan bodi Legacy SR2 series milik Karoseri Laksana. Kemudian fasia depan bus menggunakan kaca depan model double glass. Sementara itu, dapur pacu dari kendaraan tersebut ditopang oleh sasis bus dari Mercedes Benz.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com