Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Solusi AC Toyota Innova Reborn Tiba-tiba Panas Bukan dengan Cabut Aki

Kompas.com - 03/07/2023, 19:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kasus AC Toyota Innova Reborn tiba-tiba panas biasanya terjadi karena komponen motor servo yang rusak. Motor servo punya peran sebagai pengatur panas dan dinginnya AC.

Selayaknya komponen elektronik, tentu motor servo punya usia pakai. Saat rusak, walau setelan AC sudah paling dingin, udara yang keluar dari kisi-kisi tetap panas.

Ada anggapan, dengan mereset AC lewat mencabut kutub negatif aki bisa memperbaiki kondisi tersebut. Tapi sebenarnya, mencabut aki bukan jadi solusi yang benar.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Toyota Innova Reborn Diesel Boros BBM?

Innova Reborn diesel di beberapa dealer Kota Semarang dan sekitarnya kosong sejak dua minggu terakhir. Nasmoco Innova Reborn diesel di beberapa dealer Kota Semarang dan sekitarnya kosong sejak dua minggu terakhir.

Suparna, Kepala Bengkel Auto2000 Pramuka menjelaskan, mencabut kutub negatif aki itu cuma reset AC sementara saja.

"Kalau reset umur dinginnya enggak pasti, kadang cuma tiga bulan, sebulan, seminggu, sehari, bahkan beberapa saat saja," kata Suparna kepada Kompas.com, Senin (3/7/2023).

Kondisi waktu dingin yang berbeda tadi dipengaruhi kondisi motor servo. Kalau misal masih agak bagus, maka usia pakainya setelah di-reset bisa lebih lama.

Baca juga: Ulas Interior Honda Brio RS, Ubahan Minimalis tapi Dinamis

Cuma harus diperhatikan, saat me-reset AC dengan cara cabut kutub negatif aki, harus ekstra hati-hati. Komponen kelistrikan mobil sekarang sangat rawan, bisa merembet ke bagian lain.

"Hati-hati, ada komponen lain yang ikut ke-reset saat buka kutub aki, dari audio nge-lock. Untuk buka cukup ribet, harus hati-hati," kata Suparna.

Sebenarnya, untuk ganti motor servo saja, kata Suparna biayanya sekitar Rp 1 juta. Namun, kalau darurat, lebih baik cari diler terdekat untuk reset AC di sana.

"Kalau posisinya dekat bengkel, lebih baik datang saja, kalau reset di bengkel juga biar enggak merusak komponen yang lain," kata Suparna.

Jadi nanti kalau misal ada biayanya, baru ganti motor servo dengan yang baru. Soal servo yang rusak, Suparna bilang kalau ada usia pakainya, sekitar empat tahun sampai tujuh tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com