Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemprov DKI Diminta Segera Pakai Mobil Listrik Sebagai Kendaraan Dinas

Kompas.com - 03/07/2023, 18:11 WIB
Ruly Kurniawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta diminta untuk segera merealisasikan rencana penggunaan mobil listrik berbasis baterai sebagai kendaraan dinas para pejabatnya.

Langkah tersebut diperlukan untuk memberikan contoh kepada masyarakat soal penggunaan kendaraan listrik sebagai transportasi harian. Di samping, percepat target langit biru di Ibu Kota.

"Kalau bukan dari Pemda dulu yang memulai (beri contoh) ya siapa? Jadi memang solusi pertama, memang kita harus mengganti dulu kendaraan kita jadi listrik," ujar Ketua Komisi D DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PDI Perjuangan, Ida Mahmudah, dilansir KompasTV, Senin (3/7/2023).

Baca juga: Daftar Harga LSUV Bekas per Juli 2023 mulai Rp 63 Jutaan

Ilustrasi kendaraan listrik(Dok. Shutterstock/ Smile Fight) Ilustrasi kendaraan listrik

Dengan begitu, kata Ida, permasalahan polusi udara di Jakarta yang disebabkan oleh kendaraan bisa ditekan.

Bersamaan dengan itu, masyarakat juga bisa semakin memahami pentingnya menggunakan kendaraan listrik jika memungkinkan. Pada jangka panjang, hal terkait tentu membuat program percepatan elektrifikasi kendaraan bisa tercapai.

"Untuk beli bensin dan charge listrik kan bedanya sangat jauh, menurut saya harus segera mungkin diberikan itu," kata Ida.

"Sekali lagi terkait polusi memang Pemda DKI harus mendahului dari masyarakat. Memberikan contoh yang baik," tambah dia.

Baca juga: Meski Belum Berlaku, Polisi Terima jika Pemohon SIM Bawa Sertifikat

Ilustrasi emisi karbon dari kendaraan Shutterstock/NadyGinzburg Ilustrasi emisi karbon dari kendaraan

Sebelumnya, Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi RI (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan meminta langsung kepada Pemprov DKI Jakarta untuk segera memperbanyak kendaraan listrik yang beredar.

Pasalnya, langkah tersebut bisa secara signifikan memperbaiki kualitas udara di Ibu Kota. Sehingga berbagai aktivitas positif seperti lari marathon, bakal semakin marak.

"Jadi kita pengen olahraga atletik ini terus maju. Karena sudah ada di Bali, di Borobudur, itu levelnya Bali udah naik. Di Borobudur mau naik. Nah, di Jakarta ini kita coba setelah itu kita cari buat di mana lagi," kata Luhut usai melepas peserta LPS Monas Half Marathon yang disiarkan YouTube resmi Pemprov DKI Jakarta, @DKIJakarta, Minggu (2/7/2023).

Baca juga: Mau Punya Parkiran Bertingkat di Rumah, Siapkan Rp 70 Juta

Ia lantas menyebut semakin olahraga ini digemari, akan berdampak positif bagi lingkungan di Jakarta. Luhut pun juga berbicara terkait penggunaan mobil dan sepeda motor di listrik di Jakarta demi kualitas udara yang membaik.

"Tapi itu kan menyangkut masalah lingkungan juga, orang lari harus aman, seperti ini, makanya sama Pak Gubernur kita diskusi supaya bagaimana populasi motor listrik, mobil listrik, bisa marak," kata Luhut.

"Supaya kualitas udara di Jakarta ini membaik. Karena orang tidak mau kalau kualitas udara nggak baik, itu satu, teknis ya," tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com