Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suzuki Hayabusa Edisi Ulang Tahun Ke-25, Motor Legendaris

Kompas.com - 03/07/2023, 14:01 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Motor flagship Suzuki yakni Hayabusa merayakan ulang tahunnya yang ke-25 pada 2023. Oleh karena itu, Suzuki memperkenalkan edisi khusus Hayabusa 25th Anniversary, dijual mulai Juli.

Bagian yang spesial dari edisi ulang tahun ini ada pada pilihan warna bodi kombinasi oranye dan hitam. Lalu, pada bagian cakram depan dan setelan rantai, diberi warna spesial, yakni emas.

Bedanya lagi, pada bagian knalpot, lalu ada di gear rantai, disematkan logo 25th Anniversary. Lalu di bagian tangki, logo Suzuki yang dipasang bukan stiker biasa, tapi timbul ditambah ada seat-cowl spesial yang kini jadi standar.

Baca juga: Suzuki Perpanjang Masa Garansi Baterai Litium Produk Hybrid

Suzuki Hayabusa 25th AnniversaryGLOBALSUZUKI.com Suzuki Hayabusa 25th Anniversary

Toshihiro Suzuki, Director & President Suzuki Motor Corporation, mengatakan, Hayabusa menjadi model flagship yang merepresentasi Suzuki dan sudah banyak penggemarnya di seluruh dunia.

"Kami mau mengungkapkan rasa senang kami karena model ini bisa merayakan ulang tahunnya ke-25 dan dicintai orang-orang selama ini. Hayabusa tidak akan berhenti berevolusi, kami minta cinta dan dukungannya," ucap Toshihiro Suzuki dikutip dari siaran resmi, Senin (3/7/2023).

Soal model, Hayabusa pertama kali diperkenalkan saat Intermot Jerman tahun 1998, memakai nama Hayabusa GSX1300R mengusung konsep 'Ultimate Sport'. Penjualan pertama dimulai di Eropa dan Amerika pada 1999.

Baca juga: Segini Biaya Pasang Sunroof, Moonroof dan Panoramic Roof buat Mobil

Suzuki Hayabusa 25th AnniversaryGLOBALSUZUKI.com Suzuki Hayabusa 25th Anniversary

Bicara tentang Ultimate Sport, maksud Suzuki adalah memperkenalkan motor yang punya tenaga buas, handling nyaman, ditambah dengan model yang unik dan aerodinamis. Hasilnya adalah motor flagship dari Suzuki.

Lalu, generasi kedua rilis tahun 2007, ada kenaikan kapasitas mesin, dari 1.299cc ke 1.340cc. Kemudian, ada tambahan fitur Suzuki Drive Mode Selector (SDMS) yang mengatur mode berkendara sesuai dengan keinginan pengendara.

Pada generasi kedua ini baru motor ini diperkenalkan global dan pasar Jepang, disediakan model khusus atau istilahnya JDM pada 2014. Berselang dua tahun (2016), Hayabusa mulai diproduksi dan dijual di India.

Baru pada 2021, hadir generasi ketiga dari Hayabusa, ubahannya total dari sektor mesin sampai ke sasis dan fitur elektronis. Misal seperti disematkan SIRS atau Suzuki Intelliget Ride System yang mengatur traksi dan ada quick shifter.

Bisa dibilang, generasi ketiga ini berubah total, dari segi desain sampai ke bagian dalam. Bahkan Suzuki bilang Hayabusa generasi terakhir ini dengan sebutan The Refined Beast.

Saat ini, Hayabusa sudah dijual di 48 negara, termasuk Amerika, Eropa, India, dan Amerika Latin. Bahkan, pada 2022, sudah mencapai akumulasi produksi sebanyak 200.000 unit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com