Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Rental Rusak Saat Dipakai, Siapa yang Tanggung Jawab?

Kompas.com - 03/07/2023, 09:42 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu pertanyaan yang kerap diajukan oleh calon penyewa rental mobil ialah apabila mobil mogok atau bermasalah saat dipakai maka siapa yang bertanggung jawab, pihak rental atau penyewa.

Kisnanto Hadi Pribowo, Manajer Operasional PT Semesta Bolo Transindo (Sembodo Rent Car) mengatakan, jika mobil bermasalah maka biaya akan ditanggung oleh perusahaan rental selama kerusakan itu dikarenakan kelalaian rental.

Baca juga: Saat di Kapal Feri, Penumpang Wajib Turun dari Bus

"Jika terjadi kerusakan yang disewa itu otomatis sebagian besar jadi tanggung jawab perusahan," ujar Bowo panggilannya kepada Kompas.com, pada akhir pekan lalu.

Suasana parkir di sebuah perusahaan rental kendaraan atau sewa mobilTribunnews.com Suasana parkir di sebuah perusahaan rental kendaraan atau sewa mobil

"Namun, kami akan cari tahu penyebab kerusakan itu, dari penyebabnya bisa dicari kesimpulan. Ini akan jadi tanggung jawab perusahaan ketika ditemukan hal-hal yang sifatnya dari (kurangnya) pemeliharaan atau mungkin suku cadang belum ganti," kata Bowo.

"Tapi kalau mobil itu mogok atau terkendala karena pemakaian penyewa, maka biasanya ada tanggung jawab dari penyewa," kata Bowo.

Bowo menjelaskan, biasanya kalau sistem sewa dengan pengemudi lebih aman sebab jika ada kerusakan saat mobil dipakai maka yang bertanggung jawab langsung ialah pengemudi bukan penyewa.

Sedangkan untuk sistem sewa lepas kunci, saat konsumen menyewa mobil maka akan disodorkan klausul sewa mobil. Dalam berkas tersebut terdapat apa yang boleh dan tidak mobil dilakukan penyewa.

Baca juga: Kenali Perbedaan Sunroof, Moonroof dan Panoramic Roof

Rental Mobil Libur Natalan dan Tahun BaruStanly/Otomania Rental Mobil Libur Natalan dan Tahun Baru

Jika dilanggar maka segala bentuk tanggung jawab akan dibebankan ke penyewa.

"Contoh dalam klausul sewa mobil kami menyebut mobil tidak boleh (dipakai) ikut balapan di trek, kalau sekira melanggar itu maka itu jadi tanggung jawab penyewa," ujar Bowo.

"Kemudian terabas banjir, sudah tahu banjir tapi dipaksa. Nah itu hal-hal yang disebabkan sendiri, jadi biasanya ada tanggung jawab dari konsumen. Untuk detailnya biasanya kami cantumkan di draf kontrak sewa," ujar Bowo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com