Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kupas Toyota Agya GR Sport CVT, dari Desain sampai Biaya Kepemilikan

Kompas.com - 30/06/2023, 10:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Keluar dari segmen mobil murah ramah lingkungan alias low cost green car (LCGC), Toyota Agya GR Sport CVT kini tampil lebih sporty dengan desain serta fitur yang lebih mewah.

Dibanding versi sebelumnya, jelas punya perbedaan yang sangat jauh. Tak hanya dari segi platform DNGA yang kini diaplikasikan, tetapi juga dari sisi eksterior, interior, performa, sajian fitur, dan lainnya.

Namun, kompensasi dari transformasi pada Agya GR Sport CVT berdampak pada harga jual yang langsung melambung tinggi, yakni 253,5 juta. Lebih mahal dari kompetitornya, yakni Honda Brio RS serta Daihatsu Sirion.

Setelah mengulik satu per satu, giliran membahas secara lengkap poin penting dari masing-masing sektor yang menjadi unggulan Toyota Agya GR Sport CVT.

Baca juga: Generasi Baru Toyota C-HR Meluncur, Tampil Lebih Futuristis

Toyota Agya GR SportKOMPAS.com/Adityo Wisnu Toyota Agya GR Sport

Berawal dari desain, bisa dilihat tampilannya berubah drastis. Dibandingkan versi LCGC, Agya GR Sport terlihat lebih berkelas melalui beberapa sentuhan sporty yang diberikan.

Mengusung emblem GR Sport, Agya punya aura yang lebih agresif dan meninggalkan kesan mobil murah. Perangkat aero kit yang digunakan tak sekadar jadi kosmetik saja, tapi diklaim mampu meningkatkan sisi aerodinamika.

Bahkan, adanya down force digadang-gadang membuat Agya GR Sport lebih lihai saat diajak bermanuver.

Baca juga: Menakar Biaya Perawatan Toyota Agya GR Sport CVT

 

Tampilan lebih tajam dengan sistem penerangan serba LED yang juga disematkan dengan tambahan fitur follow me home dan auto cut off.

Interior Toyota Agya GR SportKOMPAS.com/STANLY RAVEL Interior Toyota Agya GR Sport

Tak hanya depan, bagian belakang juga mendapat sentuhan sporty melalui desain bumper spoiler yang melebar serta roof end spoiler pada bagian atas. Terakhir, ada sentuhan emblem GR yang melekat sebagai penanda statusnya.

Masuk ke interior, nuansa serba hitam terlihat sejak pertama membuka pintu. Bagian dasbor dibuat datar mirip dengan Raize dan Avanza, demikian juga untuk tata letak head unit 7 inci yang dibuat ala floating di bagian tengah.

Kesan mewah terasa dari pengaturan AC yang sudah digital, ditambah lagi kini Toyota memberikan fitur pengecasan ponsel tanpa kabel alias wireless. Bagi pengendara Raize, tentu tak asing ketika masih ke kabin Agya GR Sport karena semuanya hampir terkesan mirip.

Bicara kelapangan kabin, tak ada isu negatif. Baik ruang kepala maupun kaki, masih terasa lapang untuk penumpang dengan tinggi badan 175 cm untuk baris pertama dan kedua.

Baca juga: Impresi Performa Toyota Agya Berlabel GR Sport

Toyota Agya GR SportKOMPAS.com/Adityo Wisnu Toyota Agya GR Sport

 

Hal ini tak lepas berkat penambahan dimensi imbas penggunaan platform baru. Sayangnya, dengan harga yang cukup tinggi Toyota belum menambahkan fitur pengaturan kemudi teleskopik yang sebenarnya cukup penting untuk menambah kenyamanan berkendara.

Beralih ke dapur pacu, walau kapasitasnya masih sama tapi kini Agya GR Sport menggunakan mesin tiga silinder miliki Raize 1.200 cc yang juga telah dilengkapi transmisi D-CVT. Beda dari generasi sebelumnya yang masih AT dengan mesin empat silinder.

Mesin tersebut mampu memproduksi tenaga sebesar 88 Ps atau 86,7 Tk di 6.600 rpm serta torsi 11,52 kgm pada 4.500 rpm. Peningkatan pada segi torsi cukup membuat Agya lebih responsif meski tak terlalu signifikan.

Baca juga: Suzuki Perpanjang Masa Garansi Baterai Litium Produk Hybrid

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com