Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ujian SIM di Indonesia Sulit, Begini Penjelasan Polisi

Kompas.com - 28/06/2023, 07:02 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


BEKASI, KOMPAS.com - Pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) di Indonesia dianggap sulit dan mahal. Sehingga tak sedikit pemohon SIM gugur atau gagal saat tes baik itu ujian teori maupun ujian praktek.

Menggangapi hal tersebut, Kanit Regident Satpas SIM Polres Metro Bekasi AKP Evo Rudi Laksono mengatakan, masyarakat yang mengatakan sulit ialah yang tidak lulus ujian bukan yang lulus.

Baca juga: Penjelasan Polisi Kenapa Banyak Orang Gagal di Ujian Praktik SIM C

"Kalau bertanya dengan yang tidak lulus, susah. Kalau surveinya 100 orang yang 80 orang gagal (maka jawabnya akan) susah. Tapi coba ketika surveinya sama yang lulus (80 orang), gampang," ujar Rudi yang ditemui di Cikarang, Bekasi, Selasa (27/6/2023).

Tangkapan layar cover buku kumpulan soal ujian teori SIM yang diterbitkan Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jawa Timur (Jatim).Tangkapan layar Tangkapan layar cover buku kumpulan soal ujian teori SIM yang diterbitkan Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jawa Timur (Jatim).

Rudi mengatakan, ketika masyarakat kemudian membandingkan dan bicara sulit dan tidak sulit, maka harus lihat dari sisi yang lain.

"Polri selalu disudutkan namun dengan apapun kami berusaha memberikan pelayanan terbaik kami tetap berupaya," kata Rudi.

"Kalau dibandingkan antara luar negeri dengan Indonesia dari budayanya saja sudah berbeda. Sistemnya mereka juga berbeda dengan sistem yang ada di Indonesia," ujar Rudi.

Satuan Penyelenggara Administrasi (Satpas) SIM Polres Metro BekasiKOMPAS.com/Gilang Satuan Penyelenggara Administrasi (Satpas) SIM Polres Metro Bekasi

Tak sedikit masyarakat yang membandingkan cara bikin SIM di Indonesia dengan negara lain. Termasuk urgensi ujian praktik pembuatan SIM yang mewajibkan ada jalur berbentuk zig-zag dan angka delapan.

Baca juga: Modifikasi Honda ADV 160 Street Sporty buat Sunmori

"Tapi ketika (bicara) masalah sulit dan tidak sulit kami memberikan pengulangan ketika gagal, kemudian buka pengajaran safety riding. Kita buka kok, pelatihan gratis," kata Rudi.

"Saya hanya menjawab pada Satpas saya saja, karena itu inovasi berkembang pada Satpas masing-masing untuk peduli dan pelayanan kami terhadap masyarakat," ujar Rudi.

Ujian praktek SIM C angka delapan di Polres Metro Bekasi KOMPAS.com/Gilang Ujian praktek SIM C angka delapan di Polres Metro Bekasi

Sebelumnya Direktur Regident Korlantas Polri Brigjen Pol Yusri Yunus menyebut, proses pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) di Indonesia terbilang mudah dan murah.

Dilansir dari Humas Polri, Yusri mengatakan bahwa Indonesia menempati urutan ke-10 di dunia sebagai negara paling mudah mendapatkan SIM.

“Di Indonesia saja ini yang agak mudah, urutan ke-10 di dunia termasuk paling mudah bikin SIM. Makanya di beberapa negara ini, SIM Internasional kita nggak berlaku,” kata Yusri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com