Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Video Viral, Pajero Sport Pakai Strobo Paksa Salip Calya Lane Hogger | Bagaimana Menghadapi Lane Hogger di Jalan Tol?

Kompas.com - 28/06/2023, 06:02 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Fenomena lane hogger alias pengemudi yang berjalan statis di lajur kanan semakin sering terekam kamera dasbor. Pengemudi sebaiknya hanya menggunakan lajur kanan untuk mendahului.

Bila ingin berjalan konstan pada kecepatan tertentu, pilihlah lajur satu atau lajur dua. Tindakan ini untuk memberikan kesempatan pada siapapun yang ingin mendahului.

Seperti kejadian yang diunggah Instagram @dashcamindonesia, Senin (26/6/2023), terlihat Pajero Sport dengan lampu strobo, berusaha keras untuk menyalip Calya yang berjalan konstan di lajur tiga alias lajur kanan.

Selain itu, menggunakan jalan tol ada aturannya, salah satu yang paling dasar adalah mengetahui kalau lajur paling kanan digunakan khusus untuk mendahului.

Artinya, setelah menyalip lewat lajur kanan, seharusnya mobil kembali ke lajur asal. Tapi, ada saja yang tetap diam di lajur kanan dan tidak dalam keadaan mau menyalip kendaraan lain, biasa disebut dengan nama lane hogger.

Saat berada di belakang lane hogger memang menyebalkan. Ingin menyalip dari kiri berbahaya, tapi meminta jalan pun dia tidak segera minggir.

 Baca juga: Indonesia Jadi Negara Pertama yang Jual Mitsubishi XFC

Berikut 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Selasa, 27 Juni 2023

1. Video Viral, Pajero Sport Pakai Strobo Paksa Salip Calya Lane Hogger

“Tuan yang pake pajero ini dengan strobonya maksa minta jalan,” tulis keterangan video @dashcamindonesia.

Dalam hal ini, menjadi lane hogger tentu saja salah dan bisa merugikan orang lain. Sementara itu, memaksa minta jalan dengan menyalakan strobo selayaknya petugas pun bukan tindakan yang patut dilakukan.

Menanggapi kejadian tersebut, Badan Kehormatan Road Safety Association (RSA) Rio Octaviano mengatakan, Calya tampak sengaja menghalangi Pajero Sport.

Baca juga: Video Viral, Pajero Sport Pakai Strobo Paksa Salip Calya Lane Hogger

2. Bagaimana Menghadapi Lane Hogger di Jalan Tol?

Lane hogger sedang diberi pembelajaran oleh pengguna jalan lain.Tangkapan layar Lane hogger sedang diberi pembelajaran oleh pengguna jalan lain.

Roslianna Ginting, Training Director The Real Driving Centre mengatakan, menghadapi lane hogger memang menyulitkan, berjalan lambat di kanan dan tidak berpindah lajur.

"Namun, kita bisa memberikan tanda dengan lampu jauh atau klakson sambil nyalakan lampu sein (kanan)," ucap Roslianna kepada Kompas.com, Senin (26/6/2023).

Baca juga: Bagaimana Menghadapi Lane Hogger di Jalan Tol?

3. Penjelasan Jasa Marga Soal Tarif Tol Cikampek sampai Rp 724.000

Pengendara kena tarif tol termahal sampai Rp 724.000screenshoot/TikTok Pengendara kena tarif tol termahal sampai Rp 724.000

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com