Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Mau Produksi Hidrogen dari Kotoran Ayam dan Limbah Makanan

Kompas.com - 27/06/2023, 09:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota bertujuan untuk mencapai netralitas karbon dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan memproduksi hidrogen dari kotoran ayam dan limbah makanan.

Dikutip dari Global.toyota, Senin (26/6/2023), langkah tersebut akan diinisiasi oleh Toyota Motor Corporation (TMC) yang bekerjasama dengan Toyota Tsusho Corporation (Toyota Tsusho), dan Mitsubishi Kakoki Kaisha, Ltd. (Mitsubishi Kakoki).

Baca juga: Toyota GR H2 Racing Concept, Mobil Balap Hybrid Bertenaga Hidrogen

Ketiga perusahaan tersebut akan memperkenalkan peralatan produksi hidrogen yang berasal dari biogas untuk pertama kalinya di Thailand.

Mesin hidrogen milik Toyota MiraiDok. Toyota Mesin hidrogen milik Toyota Mirai

Peralatan produksi hidrogen yang akan diperkenalkan akan diproduksi oleh Mitsubishi Kakoki dan dipasang di Thailand pada November 2023. Peralatan tersebut untuk memproduksi hidrogen dari biogas yang berasal dari kotoran ayam lokal dan limbah makanan.

Toyota dan Toyota Tsusho akan bekerja sama dalam produksi hidrogen untuk mempertimbangkan konstruksi dan pengenalan sistem keseluruhan untuk kompresi, penyimpanan, dan transportasi biogas dan hidrogen, serta pembentukan sistem operasi.

Baca juga: Toyota Pamerkan Crown Bermesin Hidrogen Pertama Kali

Selain itu, tidak seperti peralatan produksi hidrogen konvensional, untuk fasilitas terkait stasiun hidrogen, ketiga perusahaan dan afiliasi lokal masing-masing akan bekerja sama dan mengadakan diskusi untuk mengoptimalkan desain agar sesuai dengan kondisi setempat.

Toyota Mirai kembali pecahkan Guiness World RecordsToyota.com Toyota Mirai kembali pecahkan Guiness World Records

Peralatan ini akan digunakan sebagai bagian dari serangkaian inisiatif di bidang produksi, transportasi, penyimpanan, dan penggunaan hidrogen.

Ketiga perusahaan tersebut akan terus memanfaatkan teknologi terkait hidrogen Jepang untuk mempromosikan energi bersih yang disesuaikan dengan masing-masing negara dan wilayah. Selain itu, ketiganya juga akan bekerja sama dengan berbagai pemangku kepentingan untuk membantu mencapai masyarakat hidrogen dan pada akhirnya masyarakat yang netral karbon.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com