Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumor Tesla Pilih India untuk Investasi Mobil Listrik, Ini Kata Luhut

Kompas.com - 23/06/2023, 16:21 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan akhirnya buka suara mengenai kabar pabrikan mobil listrik raksasa asal Amerika Serikat (AS), Tesla yang lebih tertarik untuk berinvestasi di India.

Dilansir Antara pada Jumat (23/6/2023), menurutnya isu tersebut tidaklah benar. Sebab, perusahaan besutan Elon Musk itu hanya berencana membuka diler alias showroom di sana, bukan pabrik.

Sehingga tidak ada istilah India menikung Indonesia untuk jadi basis produksi baterai maupun kendaraan bermerek Tesla.

Baca juga: Bahas Ubahan Toyota Alphard Terbaru, Semakin Memanjakan Penumpang

Tangkapan layar foto Menko Marves RI, Luhut Binsar Pandjaitan bersama pemilik Tesla, Elon Musk, tengah berfoto bersama salah satu produk PT Mayora Tbk. di Kantor Pusat Tesla, di Tesla Giga Texas, AS.Twitter: Hokky Situngkir Tangkapan layar foto Menko Marves RI, Luhut Binsar Pandjaitan bersama pemilik Tesla, Elon Musk, tengah berfoto bersama salah satu produk PT Mayora Tbk. di Kantor Pusat Tesla, di Tesla Giga Texas, AS.

"Enggak, enggak ada. Mereka itu cuma buka showroom," katanya, Jumat.

Sehingga posisi Indonesia pada investasi Tesla, masih tetap berada pada sisi optimis. Saat ini, disebut perseroan sudah memberikan suatu komitmen namun memang masih dalam tahap negosiasi.

Meski begitu, Luhut menegaskan, Elon Musk belum berencana mundur dari rencana dimaksud.

"Kalau dengan Tesla kita masih terikat dengan non-disclosure agreement (NDA). Meksiko itu backyard mereka, tentu mereka membangun di sana," ujar Luhut.

Baca juga: Liburan Panjang, Pengusaha Protes Truk Dilarang Beroperasi di Jalanan

Ilustrasi Pabrik Mobil Tesla di Amerika Serikattheverge.com Ilustrasi Pabrik Mobil Tesla di Amerika Serikat

"Kalau di region ini mereka masih punya komitmen yang saya tahu kira-kira 1 juta mobil. Apakah nanti ke Indonesia, kita lihat saja nanti beberapa hari ke depan," tuturnya.

Sebelumnya, Elon Musk dikabarkan bertemu dengan Perdana Menteri India, Narendra Modi di AS untuk membahas kemungkinan investasi di Tanah Barata.

Ia pun optimis Tesla akan masuk India secepat mungkin. Sebab, India dinilai memiliki potensi kuat untuk masa depan energi berkelanjutan termasuk untuk ekosistem kendaraan listrik.

"Itu merupakan sesuatu yang ingin kami lakukan dan kami hanya mencoba mencari waktu yang tepat," kata Musk dilansir Reuters.

Baca juga: Suzuki New XL7 Hybrid Mengaspal di Batam, Harga di Bawah Rp 300 Jutaan

"Saya sebenarnya sangat bersemangat tentang masa depan India. India memiliki lebih banyak janji daripada negara besar mana pun di dunia," tambahnya.

"Saya yakin Tesla akan masuk ke India dan akan melakukan investasi secepat mungkin," ujar Musk lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com