Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PO Bus Bangladesh Menjiplak Livery PO Bus Indonesia

Kompas.com - 23/06/2023, 07:22 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Livery kerap menjadi identitas atau ciri khas yang menjadi eksistensi sebuah bus dari perusahaan perusahaan otobus (PO). Maka dari itu, berbagai PO rela untuk merogoh kocek yang tidak sedikit untuk membuat desain livery terbaik.

Namun baru-baru ini viral ada PO asal Bangladesh yang menggunakan desain livery bus mirip dengan PO dari Indonesia.

Pada video yang di unggah oleh akun Instagram @videobusindonesia_ PO bernama Shyamoli Paribahan tersebut nampak menjiplak livery dari PO Mutia Putri Mulia (MPM).

Baca juga: Kelir Baru Honda CBR150R, Kini Punya Warna Biru

Livery dari PO MPM dijiplak secara lengkap mulai dari gambar rumah gadang tata letak, font huruf dan warna livery yang digunakan.

Hanya saja, pada bagian bodi samping bus tertulis Shyamoli Paribahan bukan MPM. Tidak hanya livery, bentuk bodi dan juga tampilan fasia depan bus dari kedua PO berbeda negara tersebut juga tampil sangat mirip.

 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Video Bus Indonesia (@videobusindonesia_)


Sontak para pengguna media sosial di buat ramai, bahkan ada pula yang kembali mengingat bila sebelumnya PO asal Bangladesh juga pernah menjiplak livery PO Handoyo.

PO MPM sendiri merupakan layanan bus AKAP yang berbasis di Padang, Sumatera Barat. Kendati melintasi jalur Sumatera di mana banyak PO menggunakan sasis bus Eropa, PO MPM justru kerap menggunakan sasis bus dari Jepang yakni Hino.

Baca juga: Impresi Singkat SUV Listrik Premium Lexus RZ 450e di Sirkuit Formula E

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by PT. Mutia Putri Mulia (MPM) (@busmpm)

Saat ini PO tersebut melayani trayek dari beberapa kota di Sumatera Barat seperti Padang, Padang Panjang, Padang Pariaman, Lubuk Basung, Solok, Payakumbuh, Bukittinggi ke Jabodetabek dan Bandung.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com