Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelihara Motor Tua Jangan Dipakai buat Harian

Kompas.com - 22/06/2023, 20:01 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Populasi motor klasik yang dipakai di jalan saat ini semakin sering terlihat. Motor tersebut digunakan dalam berbagai kondisi, ada yang baik, serta ada juga yang apa adanya.

Menggunakan motor klasik, misal seperti Honda NSR150 memang meningkatkan rasa bangga pemiliknya. Pertama, tidak terlalu banyak di jalanan, lalu, harga saat ini pun sangat mahal, tembus ratusan juta Rupiah.

Menurut Tommy Patria, Pemilik Bengkel Patria Tekno, Spesialis NSR mengatakan, mengendarai motor klasik di zaman sekarang itu ada seninya, bukan cari kencang.

Baca juga: Perhatikan Ini jika Mau Merakit Motor Klasik

Honda NSR250R milik Gany Rahman.Gany Rahman Honda NSR250R milik Gany Rahman.

"Motor tua itu kan in (tren) pada zamannya. Cuma gimana ceritanya sekarang orang senang memakainya, bisa bersaing dari model, enggak kalah sama motor sekarang," kata Tommy kepada Kompas.com belum lama ini.

Menurut Tommy, pengguna motor klasik sekarang bukan zamannya lagi untuk kebut-kebutan. Punya motor tua di zaman sekarang artinya dinikmati, dibayangkan bagaimana rasanya memakai motor tersebut pada eranya.

Baca juga: Toyota Resmi Luncurkan Alphard dan Vellfire Generasi Terbaru


"Motor gini enggak buat harian, karena kondisi jalannya enggak seperti zaman dulu. Motor dulu kan boros, belum injeksi. Intinya dinikmati saja, makin dipandang, makin cinta," kata Tommy.

Selain itu, kalau mengendarai motor klasik jangan harap praktis. Ada saja masalah yang bisa terjadi, dari tangki rembes, kelistrikan putus, dan sebagainya, maka ini yang harusnya dinikmati.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com