Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Rilis GR86 Trueno Edition secara Terbatas, Hanya 860 Unit

Kompas.com - 22/06/2023, 12:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota AE86 Trueno merupakan salah satu mobil ikonik, apalagi jika bicara mengenai drifting. Untuk menghormatinya, Toyota merilis GR86 Trueno Edition dengan jumlah yang terbatas.

Dikutip dari Carscoops.com, Kamis (22/6/2023), GR86 Trueno Edition ini diberikan grafis atau livery yang sama seperti AE86 Trueno. Sedan sport ini dibekali skema warna hitam dan putih yang disebut "Halo".

Baca juga: Eneos Mulai Tes Bahan Bakar Sintetis Pakai Prius dan GR86

Tapi, ubahannya bukan hanya dari tampilan luarnya saja. Secara performa, GR86 Trueno ditingkatkan pada bagian kenyamanan dan pengendalian.

Toyota GR86 Trueno EditionDok. Toyota Toyota GR86 Trueno Edition

Toyota sudah menyematkan damper dari ZF Sachs. Damper tersebut mengandalkan nitrogen dan oli untuk menyerap getaran, memaksimalkan kontak dengan aspal, dan meningkatkan kestabilan pengendalian.

Kemudian, sistem pengereman juga ditingkatkan dengan Brembo. Terdapat kaliper dengan empat piston di bagian depan dan kaliper dua piston untuk rem belakang.

Baca juga: Ketika Toyota GR86 Pakai Emblem Agya, Sedan Sport LCGC

GR86 Trueno Edition juga dilengkapi dengan pelek palang sepuluh dari bahan aluminium yang berukuran 18 inci. Namun, ban yang digunakan masih standar.

Toyota GR86 Trueno EditionDok. Toyota Toyota GR86 Trueno Edition

Sedangkan untuk dapur pacu, mesinnya masih standar. Meski demikian, mesin ini sudah mampu menghasilkan tenaga sebesar 228 tk dan 259 Nm.

Sayangnya, Toyota GR86 Trueno Edition hanya diproduksi sebanyak 860 unit. Selain itu, mobil ini juga hanya dipasarkan di Amerika Serikat. Toyota baru akan meluncurkannya pada akhir tahun beserta pengumuman harganya.

GR86 versi standar juga dipasarkan di Indonesia oleh PT Toyota Astra Motor (TAM). Sedan sport ini diperkenalkan pada 2022 dan sekarang dibanderol mulai Rp 956,9 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com