Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Bekali GR86 Dengan Mesin Turbo

Kompas.com - 10/09/2022, 08:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota GR86 dibekali dengan mesin boxer, sama seperti Subaru BRZ. Tapi, belum lama ini Toyota diketahui menyematkan mesin turbo pada sedan sport tersebut.

Dikutip dari Carbuzz.com, Jumat (9/9/2022), Toyota meminjam mesin GR Corolla dan dibenamkan pada GR86. Sayangnya, mobil ini tidak akan dijual, melainkan hanya untuk kepentingan pengembangan semata.

Baca juga: Edisi Satu Dekade Toyota GR86 dan Subaru BRZ, Cuma 200 Unit

GR86 dengan mesin turbo ini dikembangkan oleh Gazoo Racing, divisi motorsport Toyota. Mesin yang digunakan berkode G16E-GTS, yakni mesin 1.6 L turbocharged, 3-silinder, yang menghasilkan tenaga 300 tk.

Mesin turbo Toyota GR CorollaDok. Carbuzz.com Mesin turbo Toyota GR Corolla

Kepala Teknisi Gazoo Racing Naoyuki Sakamoto, mengatakan, penggunaan mesin turbo pada GR86 adalah untuk mengetes dan mengembangkan bahan bakar sintetis.

Seperti diketahui, Toyota memang sedang mengembangkan bahan bakar sintetis sebagai alternatif dari bahan bakar minyak (BBM).

Baca juga: Unik, Pria Ini Berkemah Pakai Mobil Sport Toyota GR86

Pada saat pabrikan lain fokus untuk mengembangkan kendaraan elektrifikasi, seperti mobil listrik, Toyota memang diketahui lebih fokus mengembangkan bahan bakar tanpa emisi yang cocok dengan mobil performanya.

Toyota Astra Motor resmi meluncurkan GR86 di GIIAS 2022.KOMPAS.com/Dio Toyota Astra Motor resmi meluncurkan GR86 di GIIAS 2022.

Meski disebutkan ini hanya untuk kepentingan tes semata, tapi Sakamoto mengatakan, tidak menutup kemungkinan akan menyematkan mesin G16E pada GR86.

"Iya, kami memikirkan untuk masa depan tentang kemungkinan menggunakan mesin tersebut, tapi tidak ada rencana konkret untuk sekarang ini. Untuk sekarang, kami hanya menggunakannya untuk mengembangkan bahan bakar karbon netral," ujar Sakamoto.

GR86 dengan mesin turbo ini akan digunakan untuk balap juga. Mobil ini akan turun di Super Taikyu di Jepang. Sebab, menurut Sakamoto, ajang balap adalah tempat yang tepat untuk melakukan eksperimen pada ide-ide baru, termasuk dengan menguji ketahanannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com