Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konsep Motor Listrik Nuen dari Vietnam, Gaya Street Fighter Futuristis

Kompas.com - 21/06/2023, 11:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa tahun terakhir, produsen motor listrik terus bermunculan, menghadirkan konsep motor yang unik dan menarik. Salah satunya ada Nuen, startup dari Vietnam yang membuat konsep dengan nama NU-E.

Dikutip dari Rideapart, NU-E punya konsep motor listrik yang mempertahankan kesan simpel serta performa. Bahkan modelnya seperti street fighter yang kencang, sangat sporty.

NU-E masih dalam tahap perkembangan, desainnya pun bisa saja berubah saat nanti diproduksi massal. Untuk model yang saat ini dipamerkan, posisi berkendaranya sangat agresif, pakai setang jepit dan dudukan kaki yang sangat mundur.

Baca juga: Komentar Masyarakat Soal Motor Listrik Murah, Bikin Khawatir

Nuen NU-E, konsep motor listrik buatan Startup asal VietnamRIDEAPART Nuen NU-E, konsep motor listrik buatan Startup asal Vietnam

Memang, karakter desainnya bukan ke arah sport bike karena tidak adanya fairing. Tapi dengan model seperti ini, aura sporty street fighter sangat terasa.

Untuk performa, NU-E menggunakan motor listrik yang punya tenaga sekitar 13,4 Tk. Memang tidak besar, tapi ingat kalau motor listrik punya tenaga dan torsi sejak 0 RPM, tentu tarikannya sangat kencang.

Selain itu, NU-E diklaim bisa mencapai kecepatan puncak 94 mil per jam, atau setara 151 Kpj. Untuk sekelas motor listrik, kecepatan tersebut sangat tinggi.

Baca juga: Dulu Tak Laku, Harga Jimny Sierra Kini Gelap


Komponen lain seperti suspensi pakai merek KTech dan EMC. Sedangkan di sisi pengereman, mengandalkan merek ISR. Uniknya lagi, di motor konsep NU-E ini tidak ada dasbor, cuma ada layar seperti handphone yang dipasang di atas segitiga setang.

Jadi sudah desainnya yang super minimalis, ditambah adanya telepon genggam sebagai instrument cluster yang penuh informasi. Konsep futuristis dan simpel memang sangat diterapkan Nuen.

NU-E cuma punya bobot 160 Kg, sangat ringan buat motor listrik bergaya street fighter. Jadi bukan cuma cepat, NU-E ini juga diklaim bisa menempuh jarak 188 mil atau sekitar 300 Km dalam sekali cas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com