Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

TVS Gandeng Perusahaan Baterai Lokal untuk Motor Listrik

Kompas.com - 20/06/2023, 09:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pasar sepeda motor listrik di Indonesia di masa mendatang akan menjadi lebih ramai. Pasalnya, pabrikan otomotif asal India yang telah berdiri di Indonesia, TVS, juga berniat melakukan penetrasi.

TVS Motor Company Indonesia (TVS MCI) mengaku tengah menyempurnakan motor listrik baru bernama TVS iQube yang dicanangkan meluncur akhir 2023.

Untuk mendukung pengembangan tersebut, ada beberapa penyesuaian yang dilakukan TVS sebelum meluncurkan iQube.

Salah satunya, yaitu dengan mencari mitra perusahaan lokal yang akan menjadi pemasok baterai bagi motor listrik TVS.

Baca juga: Spesifikasi Motor Listrik Selis yang Dijual Rp 83 Juta

Prototipe baterai motor listrik IBC yang akan dipakai di Gesits. Baterai ini dipajang di IIMS 2023. KOMPAS.com/Gilang Prototipe baterai motor listrik IBC yang akan dipakai di Gesits. Baterai ini dipajang di IIMS 2023.

“Kami sudah melakukan screening (perusahaan baterai lokal) yang akan kami ajak bermitra. Sudah ada beberapa nama yang dipilih,” kata Ryan Rahadian, Brand Manager PT TVS MCI kepada Kompas.com di Jakarta, Senin (19/6/2023).

Menurut Ryan, langkah tersebut akan memiliki setidaknya dua manfaat, yakni menekan biaya produksi dan mencukupi tingkat kandungan dalam negeri (TKDN).

“Pastinya menjalin kemitraan akan bantu mengurangi biaya produksi, jadi bisa lebih ditekan. Standar TKDN juga akan bisa terpenuhi,” kata dia.

Ryan belum bisa membagikan perusahaan-perusahaan baterai kendaraan mana saja yang menjadi target kemitraan. Namun dia memastikan, informasi tersebut akan dibagikan jelang peluncuran motor listrik baru TVS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com