Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Motor Listrik Gambot di Jakarta Fair 2023, Dijual mulai Rp 13 Jutaan

Kompas.com - 20/06/2023, 15:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ajang Jakarta Fair 2023 menghadirkan banyak produk menarik dan unik, salah satunya jajaran sepeda motor listrik ukuran besar yang mirip dengan skutik gambot.

Istilah skutik gambot atau skutik maxi sendiri ditujukan untuk motor dengan dimensi yang lebar dan difokuskan untuk penikmat touring, contohnya yaitu Yamaha Nmax, Yamaha Aerox, Honda ADV, dan Honda PCX. Kini, sudah banyak motor listrik mengadopsi desain tersebut.

Selain karena alasan estetika, dimensi lebih besar juga dinilai memiliki keunggulan teknis karena kapasitas atau jumlah baterai bisa meningkat, bila dibandingkan dengan model standar.

“Kalau dimensinya besar, pastinya bisa ditaruh setidaknya dua unit baterai di bagian dalam motor. Jadi jarak tempuhnya jauh meningkat,” Nico Sudarmaji, Direktur Utama PT Kool EV-Motor kepada Kompas.com, Jumat (16/6/2023).

Berikut adalah daftar motor listrik gambot di jakarta Fair 2023 yang menarik untuk dilirik :

Baca juga: Diskon Motor Listrik di Jakarta Fair 2023 Tembus Rp 4 Juta

Kool EV-Motor Bima, motor listrik baru yang mirip Yamaha NMaxKOMPAS.com/daafa Kool EV-Motor Bima, motor listrik baru yang mirip Yamaha NMax

1. KOOL EV Bima

Motor yang diproduksi di Cikarang, Jawa Barat, ini memiliki tampilan yang sangat identik dengan skutik gambot Yamaha Nmax. Mulai dari dimensi, lampu, bahkan bentuk setang.

Ukurannya yang besar membuat KOOL EV Bima bisa menampung 2 blok baterai ion lithium berkapasitas 72v 40 ampere hour (Ah) dengan daya jelajah 80 kilometer. Penggeraknya berjenis hub-drive dan memiliki daya motor 3.000 watt dengan kecepatan maksimal 110 kpj.

Menyoal harga, varian terendah dibanderol Rp 39.9 juta. Harga ini sudah termasuk ban Pirelli Diablo Scooter dan bracket rem Brembo sebagai bawaan standar.

Baca juga: Diskon Mobil Listrik di Jakarta Fair 2023 Tembus Rp 10 Juta

Motor listrik Polytron FOX R di Jakarta Fair 2023KOMPAS.com/daafa Motor listrik Polytron FOX R di Jakarta Fair 2023

2. Polytron FOX-R

Motor listrik buatan salah satu raksasa elektronik Indonesia juga mejeng di Jakarta Fair 2023. Ukurannya yang besar mampu menampung blok baterai polimer litium yang dirangkai parallel.

Polytron FOX-R menggunakan konfigurasi baterai cabut dengan kapasitas 72v 52Ah dengan daya jelajah 130 kilometer. Kecepatan maksimalnya mencapai 95 kpj, dihasilkan dari daya motor sebesar 3.000 watt.

Motor listrik ini dibanderol seharga Rp 20.5 juta, namun bagi para penerima subsidi kendaraan listrik, harganya dipangkas menjadi Rp 13.5 juta.

Baca juga: Pemesanan Motor Listrik Subsidi Baru 793 Unit dari Target 200.000

Motor Listrik United TX 3000 diskon Rp 2,5 Juta selama jakarta Fair 2023KOMPAS.com/daafa Motor Listrik United TX 3000 diskon Rp 2,5 Juta selama jakarta Fair 2023

3. United E-Motor T Series

Trio motor listrik besar T1800, TX1800, dan TX3000 juga hadir di Jakarta Fair 2023. Ketiganya mengusung spesifikasi yang berbeda-beda.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com