Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komentar Masyarakat Soal Motor Listrik Murah, Bikin Khawatir

Kompas.com - 20/06/2023, 17:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Gelaran Jakarta Fair 2023 diikuti oleh banyak jenama otomotif, termasuk pabrikan sepeda motor listrik yang menjual produk terbaru dengan tambahan diskon menarik.

Pada acara yang diadakan selama 33 hari ini, banyak ditemui promo motor listrik murah. Tentunya, hal itu diadakan untuk menarik minat dari para pengunjung.

Akan tetapi, harga motor listrik yang terlampau murah seolah menjadi lampu merah, karena hal itu membuat sebagian pengunjung merasa skeptis dan khawatir.

Baca juga: Selain Jarak Tempuh, Mobil Listrik Masih Dianggap Barang Mahal

Motor listrik Greentech mirip dengan vespa klasikKOMPAS.com/daafa Motor listrik Greentech mirip dengan vespa klasik

Felix Ritonga, Wirausahawan asal Duren Sawit, Jakarta Timur, mengaku khawatir dengan kualitas dari motor-motor listrik murah yang ada di Jakarta Fair 2023.

Dirinya mengaku suka dengan produk-produk diskon. Tapi untuk kendaraan yang banderolnya di bawah Rp 10 juta, hal itu justru menimbulkan keraguan.

“Kalau sepeda listrik dijual harga 5 jutaan, masih oke lah. Tapi kalau motor listrik dijual segitu, justru agak aneh kan?” ucapnya kepada Kompas.com, Senin (19/6/2023).

Hal serupa juga diungkapkan Jackson Ritonga, adik dari Felix yang juga berprofesi sebagai Wirausahawan. Dia khawatir akan usia pemakaian dari motor listrik yang harganya terlalu murah.

Baca juga: Daftar Motor Listrik Gambot di Jakarta Fair 2023, Dijual mulai Rp 13 Jutaan

Motor listrik murah banyak bertebaran di Jakarta Fair 2023KOMPAS.com/daafa alhaqqy Motor listrik murah banyak bertebaran di Jakarta Fair 2023

“Banyak dibahas soal kapasitas baterai dan daya tempuh, tapi belum ada yang bisa memastikan berapa lama usia pemakaiannya. Bisa saja (motor listrik) rusak walau belum dipakai setahun, jadi enggak reliable,” kata dia.

Uniknya, kakak beradik tersebut ternyata terdaftar sebagai calon penerima subsidi motor listrik senilai Rp 7 juta dari pemerintah.

Tapi sejauh ini, keduanya mengaku masih enggan membeli motor listrik. Alasannya, karena beberapa hal yang disebutkan di atas.

Hal senada juga diungkapkan Dino, Pegawai Bank Swasta asal Kuningan, Jakarta Selatan. Dia mengkritisi layanan purna jual dan servis yang ditawarkan oleh beberapa produsen.

Baca juga: Sebelum Beli Konsumen Wajib Tahu soal Perawatan Motor Listrik

Keseruan pengunjung Jakarta Fair 2023 yang mencoba melakukan cek penerima subsidi motor listrik Rp 7 juta dari pemerintahKOMPAS.com/daafa Keseruan pengunjung Jakarta Fair 2023 yang mencoba melakukan cek penerima subsidi motor listrik Rp 7 juta dari pemerintah

“Memang harganya murah, tapi kalau jual lepas kan berabe (merepotkan) buat konsumen. Nantinya kalau rusak atau bermasalah gimana? Kan gitu,” ujarnya.

Untuk diketahui banderol beberapa motor listrik di Jakarta Fair 2023 memang terbilang murah. Bahkan ada beberapa unit yang dibanderol mulai dari Rp 5 jutaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com