Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selisih Rp 10 Juta, Apa Bedanya XL7 Hybrid Beta dan Alpha?

Kompas.com - 19/06/2023, 12:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Suzuki XL7 Hybrid resmi menambah jajaran produk elektrifikasi di Tanah Air. Mobil dengan genre low sport utility vehicle (LSUV) ini dipasarkan dengan harga yang cukup terjangkau.

Total, Suzuki masih menyajikan XL7 dalam tiga tipe, yakni Zeta, Beta, dan Alpha yang semuanya tersedia dalam pilihan transmisi manual atau matik konvensional alias AT.

Namun untuk versi hybrid hanya tersedia pada tipe Beta dan Alpha. Hal ini sama dengan yang diterapkan pada Ertiga, di mana model terendah tak disematkan teknologi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS).

Alasannya diklaim karena ingin menyediakan varian produk lengkap. Sehingga konsumen bisa memilih sesuai kebutuhan.

Baca juga: Kencan Singkat dengan Suzuki XL7 Hybrid, Ada yang Berbeda?

Suzuki XL7 HybridKOMPAS.com/STANLY RAVEL Suzuki XL7 Hybrid

"Kami ingin menyediakan varian lebih lengkap dan beragam dengan mempertimbangkan minat dan kebutuhan pasar. Sehingga keberagaman tersebut menciptakan rentang harga yang lebih terjangkau dari seri XL7," ucap Direktur Pemasaran 4W PT SIS, Donny Saputra, dalam seremoni peluncuran XL7, Kamis ((15/6/2023).

Lalu apa perbedaan antara XL7 Hybrid tipe Beta dan Alpha ?

Untuk XL7 Beta Hybrid, secara visual nampak tak berbeda dengan Alpha yang jadi versi tertinggi. Apalagi dari kemasan depan dan belakang kosmetik yang diberikan sedikit serupa.

Warna gril baru serupa dengan kelir hitam, termasuk antara Beta dan Alpha juga sudah mengaplikasi fitur autolight with guide me light, tailgate dengan sentuhan kromium, auto retractabel mirror, dan short pole antenna baru.

Baca juga: Penjualan LCGC Melesat 65 Persen Mei 2023, Sigra-Calya Kuasai Pasar

Interior Suzuki XL7 hybridKompas.com/Nanda Interior Suzuki XL7 hybrid

Namun demikian, tetap ada sentuhan berbeda. Bila melihat bagian belakang, XL7 Hybrid Alpha memiliki emblem baru dengan nuansa biru dan sudah dilengkapi dengan rear upper spoiler, serta door visor.

Selain itu, Suzuki juga menyediakan pilihan kelir bodi two tone yang baru, yakni savanna ivory dengan atap hitam.

Total ada empat pilihan warna yang disediakan, baik untuk tipe Beta atau Alpha, hanya saja pada Beta tak ada pilihan kombinasi dua warna.

Masuk ke interior, lagi-lagi secara layout memang 11-12, alias mirip. Bahkan pada versi Beta juga sudah menggunakan instrumen yang serupa.

Untuk kemudi sama-sama sudah dibalut lapisan sintetis dan telah dilengkapi pengaturan audio, tilt adjust, sampai fitur cruise control.

Perbedaan paling signifikan adalah hadirnya fitur E-Mirror terbaru pada versi Alpha yang kini mengusung touch screen. Sementara pada Beta masih konvensional.

Baca juga: Selain Hybrid, Ini Modal Baru yang Disajikan Suzuki pada XL7

Memang terkesan perbedaan tipe Beta dan Alpha tidak terlalu signifikan, karena hampir semua fitur tetap disediakan. Tentu ini balik lagi ke selera calon konsumen nantinya.

Redaksi Kompas.com menjajal Suzuki XL7 HybridKOMPAS.com/Adityo Wisnu Redaksi Kompas.com menjajal Suzuki XL7 Hybrid

Sebagai informasi, XL7 Beta Hybrid dipasarkan Rp 283,9 juta untuk manual dan Rp 294,9 juta untuk transmisi matik. Sementara Alpha, harganya dari Rp 293,9 juta hingga Rp 304,9 juta untuk versi AT.

Dengan perbedaan yang telah dibahas, antara versi tertinggi XL7 Hybrid Beta dan Alpha selisihnya cukup lumayan, yakni Rp 10 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com