Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Yaris Cross dan XL7 Hybrid, Ini Daftar Mobil Hybrid Harga Rp 300 Jutaan

Kompas.com - 15/06/2023, 17:01 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Persaingan mobil listrik berteknologi hybrid di Indonesia agaknya makin ketat. Memasuki akhir semester pertama tahun ini saja, sudah ada dua model baru yang diperkenalkan ke pasar.

Produk baru tersebut bahkan memiliki harga yang jauh lebih terjangkau dari model-model sebelumnya. Sebagai contoh All New Toyota Yaris Cross Hybrid yang menyasar segmen kelas B Tanah Air dengan harga Rp 440 jutaan.

Kemudian paling baru, ada Suzuki XL7 Hybrid yang tampak berusaha meraup segmen serupa. Banderol mobil itu berkisar di antara Rp 283 juta hingga Rp 304 jutaan.

Baca juga: Detail Ubahan Suzuki XL7 Hybrid

Suzuki XL7 HybridKompas.com/Janlika Suzuki XL7 Hybrid

Hanya saja memang walaupun sama-sama Sport Utility Vehicle (SUV), tetapi kedua produk terkait memiliki pendekatan desain dan karakter berbeda. Di mana, Yaris Cross bergaya crossover sementara XL7 sebagai mobil keluarga.

Jenis teknologi hybrid yang digunakan pun tidak sama. Yaris Cross memakai full hybrid dengan kapasitas baterai 59 kW sedangkan XL7 tetap mild hybrid berkapasitas 10 Ah.

Sistem yang dipakai oleh Yaris Cross ini, memungkinkan mesin mendapatkan penambahan tenaga karena motor listrik dan baterai. Pemilik pun bisa hanya menggunakan baterai saja untuk menghemat BBM dengan menekan tombol mode EV di dekat tuas transmisi.

Adapun teknologi hybrid yang dihadirkan oleh Suzuki tidak membuat mesin mobil lebih bertenaga, tetapi tetap menyumbang bantuan tenaga untuk akselerasi yang lebih responsif.

SHVS juga dapat memberikan daya pada kelistrikan mobil ketika fitur engine auto start-stop sedang berfungsi.

Baca juga: Biaya dan Spek Konversi Motor Listrik Sesuai Aturan Pemerintah

Mesin Toyota Yaris Cross HybridKOMPAS.com/Adityo Wisnu Mesin Toyota Yaris Cross Hybrid

Berbeda dari keduanya, sistem hybrid pada Nissan Kicks e-Power ialah serial hybrid. Di mana, terdiri dari baterai dan powertrain yang terintegrasi dengan mesin bahan bakar, generator listrik, inverter, dan motor listrik.

Mudahnya saat mobil berjalan, tenaga yang dirilis dari mesin bahan bakar akan diteruskan ke power generator untuk diubah menjadi tenaga listrik yang disimpan di dalam baterai.

Dari baterai tenaga listrik diteruskan ke inverter untuk memasok motor listrik yang menggerakkan roda penggerak. Jadi, ketika digunakan selama baterai masih ada dayanya maka mesin tidak digunakan.

Sementara saat baterai sudah ingin habis, daya yang dikeluarkan dari mesin akan mengisi baterai secara otomatis melalui rangkaian tersebut.

Baca juga: Bocoran Harga Chery Tiggo 4 Pro

Eksterio Nissan Kicks e-PowerKompas.com/Nanda Eksterio Nissan Kicks e-Power

Berikut daftar harga mobil hybrid murah per-Juni 2023:

Suzuki

XL7 Hybrid Beta MT: Rp 283.900.000
XL7 Hybrid Alpha MT: Rp 293.900.000
XL7 Hybrid Beta AT: Rp 294.900.000
XL7 Hybrid Alpha AT: Rp 304.900.000

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com