Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Konsep Modifikasi Honda NSR 150, Biaya mulai Rp 10 Jutaan

Kompas.com - 19/06/2023, 10:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Honda NSR 150 saat ini bisa dikategorikan sebagai motor hobi dengan harga yang tinggi. Untuk NSR 150SP edisi terakhir misalnya, dengan status bahan, harga bisa mencapai Rp 100 jutaan.

Lalu, ada juga beberapa konsep modifikasi Honda NSR 150 yang bisa diterapkan pada motor koleksi tersebut.

Tommy Patria, pemilik bengkel Patria Techno, spesialis Honda NSR mengatakan, ada tiga konsep modifikasi Honda NSR 150 yang biasa dia kerjakan. Pertama ada back to '90-s, lalu retro modern, dan orisinal.

Baca juga: Honda NSR Langka Mejeng di IIMS 2023, Harga Tembus Rp 300 Juta

Modifikasi Honda NSR 150KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Modifikasi Honda NSR 150

Back to '90-s

"Back to '90-s itu enggak usah diapa-apain, semuanya orisinal (apa adanya) karena saat itu semua serba terbatas. Ban enggak banyak model, variasi lain juga enggak banyak," kata Tommy kepada Kompas.com belum lama ini.

Misal kalau ada bagian yang rusak, maka tinggal diperbaiki saja, tidak perlu ganti ke komponen yang benar-benar baru. Paling komponen yang diganti seperti gas spontan, knalpot, dan kaliper rem, tapi mereknya terbatas.

"Kalau mau back to '90-s, rem bisa pakai merek Daytona, Kitaco, Turbo, merek lama. Pelek juga standar 17 inci di depan dan 18 di belakang, ban diganti tapi diameter pelek tetap mengikuti bawaan," ucap Tommy.

Baca juga: Penjelasan Mengapa Bus AKAP Gunung Harta Punya Warna Merah dan Hijau


Oleh karena itu, untuk bujet modifikasi back to '90-s bisa dibilang paling bersahabat. Paling sulit yakni cari ban model jadul tapi baru, semua komponen enggak harus branded, jadi bujetnya bisa dimulai dari Rp 10 juta.

Retro modern

Sedangkan kalau modifikasi retro modern, motor dibuat segar kembali seperti aslinya. Lalu, beberapa komponen bisa diganti dengan produk aftermarket yang baru dan banyak tersedia zaman sekarang.

"Part yang diganti seperti suspensi belakang, rem pakai yang premium, ban, knalpot branded, sampai aksesori kecil-kecil seperti baut titanium," ucap Tommy.

Modifikasi Honda NSR 150KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Modifikasi Honda NSR 150

Misal pada bagian pengereman pakai kaliper dan handel Brembo, knalpot Arrow, sampai suspensi Ohlins. Makanya, modifikasi dengan konsep retro modern biayanya bisa dua kali lipat dari harga motornya.

"Bisa dua kali lipat karena terlalu banyak part aftermarket. Balik lagi ke sebanyak apa yang diganti dan dia itu prestis," kata Tommy.

Orisinal

Modifikasi Honda NSR 150KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Modifikasi Honda NSR 150

"Kalau benar-benar orisinal, balik lagi ke 0 km, semuanya baru, sampai ke speedometer beli baru. Semua ganti baru, jok ganti kulitnya mendekati yang orisinal," ucap Tommy.

Komponen bodi pun diganti dengan yang baru, dicari. Pada bagian mesin juga diganti semuanya dengan yang masih baru, jadi membuat motornya seperti kembali ke 0 km, baru keluar dari diler.

"Bujet buat orisinal bisa melebihi tiga kali lipat dari harga motornya," kata Tommy.

Jadi, dari tiga konsep modifikasi tersebut, kalian yang memiliki Honda NSR 150 mau dibuat seperti apa?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com