Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] WSBK Mau Dihapus dari Mandalika | Sigra Mobil Terlaris Mei 2023 | Toyota Tanggapi Soal Peredaran Mobil BBM Dipersulit

Kompas.com - 17/06/2023, 07:25 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - World Superbike (WSBK) dinilai lebih banyak mendatangkan kerugian bagi perusahaan penyelenggara balapan, yakni InJourney. Begitu pula dengan MotoGP, meskipun tidak sebesar WSBK kerugiannya.

Selain itu, kabar mengenai Daihatsu Sigra menjadi mobil terlaris pada Mei 2023 juga membuat banyak pembaca penasaran. Penjualan Sigra bahkan bisa melampaui Toyota Avanza dan Mitsubishi Xpander.

Kemudian, tanggapan Toyota terkait pernyataan Luhut Binsar Pandjaitan yang mau mempersulit peredaran mobil BBM juga banyak dibaca. Untuk lebih detailnya, berikut ini deretan artikel otomotif terpopuler pada Jumat (16/6/2023):

1. WSBK Mau Dihapus dari Mandalika, Bagaimana dengan MotoGP?

Pebalap Marco Bezzecchi, Mooney VR46 Racing Team bersiap saat balapan MotoGP seri Pertamina Grand Prix of Indonesia di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Minggu (20/3/2022). Pembalap Red Bull KTM Factory Racing Miguel Oliveira berhasil menjadi juara pertama diikuti pembalap Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo dan pembalap Pramac Racing Johann Zarco.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Pebalap Marco Bezzecchi, Mooney VR46 Racing Team bersiap saat balapan MotoGP seri Pertamina Grand Prix of Indonesia di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Minggu (20/3/2022). Pembalap Red Bull KTM Factory Racing Miguel Oliveira berhasil menjadi juara pertama diikuti pembalap Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo dan pembalap Pramac Racing Johann Zarco.

PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney yang memiliki anak perusahaan PT Pengembangan Pariwisata Indonesia atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) menyarankan agar balapan World Superbike (WSBK) dihapus dari Sirkuit Mandalika.

Pasalnya, ajang balap tersebut malah menyebabkan kerugian. Perusahaan mencatat kerugian karena digelarnya ajang balap internasional mencapai ratusan miliar rupiah.

Baca juga: WSBK Mau Dihapus dari Mandalika, Bagaimana dengan MotoGP?

2. Bocoran Bus Baru PO Juragan 99 Trans

Bocoran bus baru PO Juragan 99 TransUnggahan Instagram story @juragan_99 Bocoran bus baru PO Juragan 99 Trans

Perusahaan otobus (PO) Juragan 99 Trans kembali membuat gebrakan para pecinta bus AKAP.

Usai sebelumnya kerap meluncur bus mewah dengan berbagai fasilitas premier, kali ini PO asal Malang tersebut membocorkan akan meluncurkan bus baru.

Baca juga: Bocoran Bus Baru PO Juragan 99 Trans

3. Sigra Tekuk Avanza dan Xpander Jadi Mobil Terlaris Mei 2023

Daihatsu Sigra di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021.KOMPAS.com/Gilang Daihatsu Sigra di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021.

Daihatsu Sigra berhasil menjadi mobil terlaris di Indonesia selama Mei 2023, bahkan mampu mengalahkan sederet kendaraan keluarga 7-penumpang seperti Toyota Avanza dan Mitsubishi Xpander.

Diolah dari data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), fakta data tersebut tercapai usai mobil murah bergolong Low Cost Green Car (LCGC) ini meningkatkan penjualan hingga dua kali lipat dari bulan sebelumnya.

Baca juga: Sigra Tekuk Avanza dan Xpander Jadi Mobil Terlaris Mei 2023

4. Bikin SIM Bakal Wajib Punya Sertifikat Mengemudi Dahulu

kursus mengemudiKompas.com/Fathan Radityasani kursus mengemudi

Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri telah menerbitkan aturan baru soal SIM lewat Perpol Nomor 2 Tahun 2023 tentang Perubahan Atas Peraturan Kepolisian Negara Indonesia Nomor 5 Tahun 2021 tentang Penerbitan dan Penandaan Surat Izin Mengemudi.

Peraturan soal kewajiban pemohon SIM untuk melampirkan bukti ikut pelatihan mengemudi sebagaimana yang termaktub di dalam Perpol Nomor 2 Tahun 2023 tentang Penerbitan dan Penandaan SIM, sudah diundangkan sejak 17 Februari 2023.

Baca juga: Bikin SIM Bakal Wajib Punya Sertifikat Mengemudi Dahulu

5. Luhut Mau Peredaran Mobil BBM Dipersulit, Ini Tanggapan Toyota

Kemacetan terjadi di ruas Tol Dalam Kota saat berlangsungnya aksi unjuk rasa di depan Gedung DPR MPR.KOMPAS.com/M ZAENUDDIN Kemacetan terjadi di ruas Tol Dalam Kota saat berlangsungnya aksi unjuk rasa di depan Gedung DPR MPR.

Pemerintah saat ini tengah melakukan berbagai cara untuk menggenjot peralihan kendaraan konvensional ke listrik, salah satunya adalah dengan memberikan insentif pembelian kendaraan listrik baru dan konversi.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, ke depan pemerintah tidak hanya mendorong percepatan peralihan ke kendaraan listrik dengan memberikan insentif, tapi juga membatasi peredaran mobil berbahan bakar minyak (BBM).

Baca juga: Luhut Mau Peredaran Mobil BBM Dipersulit, Ini Tanggapan Toyota

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com