Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Cekcok Pengendara dengan Tukang Parkir di Senayan, Motor Diminta Rp 10.000 | Hindari 3 Perilaku Ini supaya Aki Motor Panjang Umur

Kompas.com - 14/06/2023, 06:02 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kasus pemerasan karena parkir liar kembali terjadi. Kali ini kejadiannya di seberang Senayan City, tepatnya di area depan Family Mart.

"Tukang parkir preman di depan Family Mart, Sebrang Senayan City. 1 Motor = Rp10.000, atau diusir, disuruh cari tempat lain," tulis akun Rapapa-vid dalam video yang diunggah ke TikTok, dikutip Kompas.com, Selasa (13/6/2023).

Pada video tersebut, perekam juga menyebutkan kalau tukang parkir jangan buat aturan sendiri. Hal tersebut dibilang masuk pungutan liar dan pemerasan.

Selain itu, usia penggunaan aki motor umumnya cukup lama, yakni sekitar 2 tahun. Akan tetapi, angka itu bisa menurun dan jadi pendek jika pengguna tidak telaten dalam merawat.

Sejatinya ada banyak faktor yang membuat aki motor soak, dan kebanyakan disebabkan oleh kelalaian dari pengguna alias human error, bukan masalah teknis. Anto Hananto, Kepala Bengkel AHASS 88 menjelaskan, sedikitnya ada 3 perilaku pengendara yang menyebabkan aki motor cepat rusak.

“Memang pastinya enggak cuma 3, tapi ini kasus yang cukup sering dijumpai di lapangan,” ucapnya kepada Kompas.com, Sabtu (10/6/2023).

Baca juga: Kucurkan Investasi Rp 2,5 Triliun, TKDN Yaris Cross Capai 80 Persen

Berikut 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Selasa, 3 Juni 2023 :

1. Cekcok Pengendara dengan Tukang Parkir di Senayan, Motor Diminta Rp 10.000

Rio Octaviano, Ketua Indonesia Parking Association mengatakan, kalau misal waralaba atau pihak Family Mart tidak menyerahkan pengelolaan parkir ke pihak lain, maka sudah pasti pungutan itu adalah liar (pungli).

"Apabila ini adalah pungutan liar, maka kejadian ini selalu berulang, dan sudah masuk ke ranah kriminal umum, di mana hal ini menjadi kewenangan kepolisian," kata Rio kepada Kompas.com, Selasa (13/6/2023).

Baca juga: Cekcok Pengendara dengan Tukang Parkir di Senayan, Motor Diminta Rp 10.000

2. Hindari 3 Perilaku Ini supaya Aki Motor Panjang Umur

Test ride Honda ADV 160 di fasilitas safety riding AHM di Cikarang, Jawa Barat.Foto: KOMPAS.com/Adityo Test ride Honda ADV 160 di fasilitas safety riding AHM di Cikarang, Jawa Barat.

1. Modifikasi berlebihan di komponen elektrikal

Sebab pertama tentu sering dijumpai di jalan dan umumnya dilakukan pengendara muda. Yang dimaksud dengan komponen elektrikal contohnya yakni modifikasi lampu atau klakson.

Lampu variasi untuk motor kadang memiliki tegangan daya yang jauh lebih besar dibandingkan versi standar. Secara pencahayaan memang lebih terang, tapi hal itu berdampak pula pada konsumsi listrik yang banyak.

Baca juga: Hindari 3 Perilaku Ini supaya Aki Motor Panjang Umur

3. Ini Harga Lengkap Toyota Yaris Cross, Ada 6 varian

Toyota Yaris Cross mulai dikirim ke diler-dilerKompas.com/Rully Toyota Yaris Cross mulai dikirim ke diler-diler

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com