Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intip Posisi Ban Cadangan Bus AKAP

Kompas.com - 15/06/2023, 12:02 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

BOGOR, KOMPAS.com – Bepergian menggunakan layanan bus AKAP merupakan hal yang sudah tidak asing lagi bagi banyak orang. Namun, tidak banyak yang tahu letak atau posisi kendaraan jenis transportasi massal darat tersebut menaruh ban cadangan

Pasalnya, ban cadangan atau ban serep bus merupakan salah satu komponen krusial yang harus dibawa. Dengan membawa ban cadangan, bisa segera diganti apabila ban utama bus alami masalah.

Andi, salah satu sopir bus dari PO Dieng Indah mengatakan, posisi tempat menaruh ban cadangan pada setiap bus AKAP berbeda satu sama lainya, hal tersebut lantaran jenis sasis dan juga mesin yang digunakan oleh setiap bus kerap berbeda.

Baca juga: Hingga Mei 2023, Sigra Masih Mendominasi Penjualan Daihatsu

“Patokanya itu tergantung posisi mesin. Kalau mesinnya di belakang maka posisinya ban serep di kolong bagian depan. Seperti bus yang saya bawa ini pakai mesin bagian belakang, maka letak ban serepnya di ada di kolong area depan bus,” kata Andi kepada Kompas.com saat ditemui langsung di terminal Ciawi, Rabu (14/6/2023).

Posisi ban serep pada bus AKAP KOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI Posisi ban serep pada bus AKAP

Pria yang membawa bus trayek Bogor- Wonosobo tersebut juga mengatakan, apabila jenis bus menggunakan tipe mesin dengan kekuatan depan, makan ban serep akan ada di kolong bus bagian belakang.

Adapun ban cadangan bus menempel di kolong karena digantung pada bawah sasis bus, sehingga tidak akan kelihatan.

Baca juga: Usai Yaris Cross, Toyota Buka Peluang Produksi Mobil Hybrid Murah

Menurut Andi, saat ini desain bus keluaran terbaru kian inovatif dan beragam. Alhasil, ada juga beberapa jenis bus yang bisa membawa ban cadangan di bagian bagasi lantaran terdapat ruang khusus menyimpan ban.

“Tapi bus keluaran terbaru ada juga yang ban cadangan di taruh di bagasi bus,” kata Andi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com