Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perdana Geber Toyota Yaris Cross Hybrid, Lincah Diajak Bermanuver

Kompas.com - 14/06/2023, 10:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Usai desain luar dan dalam, giliran membahas impresi perdana mengendarai Toyota Yaris Cross Hybrid varian tertinggi dengan atribut GR Sport.

Seperti diungkapkan sebelumnya, aura sporty Yaris Cross tak hanya nampak pada bagian luar, tapi juga suasana interior yang sudah terasa sejak pertama membuka pintu pengendara.

Pada kencan singkat di Toyota Driving Experience (TDE), redaksi mencoba untuk memaksimalkan pengalaman berkendara di area yang memang terbatas.

Fokusnya merasakan putaran bawah dari mesin 2NR-VEX berkapasitas 1.500 cc Dual VVT-i dengan tenaga 67 kW atau 91 Tk yang dikolaborasikan dengan motor listrik berdaya 59 kW atau 80,2 tk.

Baca juga: Ini Harga Lengkap Toyota Yaris Cross, Ada 6 varian


Berdasarkan data di atas kertas, gabungan dari keduanya mampu menghasilkan torsi sebesar 141 Nm yang tersalurkan ke roda depan melalui transmisi CVT.

Pertama kali mesin dihidupkan, suaranya nyaris tak terdengar. Yaris Cross Hybrid juga sudah dilengkapi dengan mode berkendara EV layaknya Kijang Innova Zenix.

Saat diajak berakselerasi dengan menekan pedal gas secara penuh alias kickdown, putaran bawah tergolong responsif. Tapi jauh lebih terasa ketika mengaktifkan mode PWR.

Mesin Toyota Yaris Cross HybridKOMPAS.com/Adityo Wisnu Mesin Toyota Yaris Cross Hybrid

Dengan lintasan lurus yang pendek, SUV yang dibanderol Rp 449,95 juta ini masih bisa melesat cepat dari titik diam hingga 60 kpj. Untuk putaran tengah dan atas, akan menjadi "PR" berikutnya bagi redaksi.

Baca juga: Ulik Desain Luar Dalam Yaris Cross Hybrid, Kental Nuansa Sporty

Paling menarik dari segi handling, Yaris Cross Hybrid menawarkan karakter kemudi yang tak hanya nyaman digenggam, tapi responsif dan presisi. Hasilnya, mampu menghadirkan sensasi fun to drive.

Walau datang sebagai sebuah SUV dengan ground clearance cukup jenjang, tapi saat diajak bermanuver pada lintasan zig-zag Yaris Cross cukup lincah dan minim body roll. Demikian juga ketika melakukan u-turn.

Test Drive Yaris Cross HybridKOMPAS.com/Adityo Wisnu Test Drive Yaris Cross Hybrid

Hal ini tak lepas dari peran platform serta jarak radius putar yang hanya 5,2 meter. Belum lagi ditambah setelan suspensi dengan karakter tak terlalu keras dibanding salah satu rivalnya, yakni Honda HR-V.

Baca juga: Perbandingan Harga Yaris Cross dengan HR-V, Creta, sampai Grand Vitara

Meski demikian, sayangnya Toyota tak langsung melengkapi Yaris Cross Hybrid dengan paddle shift untuk mengatur perpindahan gigi vitural pada CVT.

Test Drive Yaris Cross HybriduKOMPAS.com/Adityo Wisnu Test Drive Yaris Cross Hybridu

Untuk pembahasan lebih detail soal sensasi berkendara jarak jauh dan di dalam kota, serta efisiensi bahan bakar, akan redaksi ulas ketika sudah mendapat unit test drive-nya

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com