Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kucurkan Investasi Rp 2,5 Triliun, TKDN Yaris Cross Capai 80 Persen

Kompas.com - 13/06/2023, 18:22 WIB
Ruly Kurniawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) resmi memulai produksi dan ekspor produk terbarunya, All New Toyota Yaris Cross, termasuk model hibrida atau hybrid pada Selasa (13/6/2023).

Menelan investasi hingga Rp 2,5 triliun, Menteri Perindustrian RI (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita berharap produk tersebut bisa memperoleh kesuksesan seperti Toyota Kijang Innova Zenix sebagai produk elektrifikasi pertama TMMIN.

"Produksi Yaris Cross merupakan bagian dari program Toyota Indonesia untuk mendukung program pemerintah dalam mengurangi emisi dengan memberikan lebih banyak pilihan model elektrifikasi dan kendaraan hemat bahan bakar," kata dia di Karawang, Jawa Barat, Selasa.

Baca juga: Ini Harga Lengkap Toyota Yaris Cross, Ada 6 varian

Toyota investasi Rp 2,5 triliun bangun produksi Yaris Cross di Karawang. Jabar. DOK. Toyota Indonesia Toyota investasi Rp 2,5 triliun bangun produksi Yaris Cross di Karawang. Jabar.

Dengan dana tersebut, tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) Yaris Cross bisa mencapai sekitar 80 persen. Artinya, Sport Utility Vehicle (SUV) murah ini buatan lokal.

"Kalau berbicara lokal konten hybrid, produk itu ada baterainya. Nah, baterai ini yang memang masih menjadi pekerjaan rumah kita sehingga TKDN hybrid masih belum besar dibandingkan saudara-saudaranya di mobil ICE (Internal Combustion Engine)," ucap Agus.

Direktur Hubungan Eksternal TMMIN, Bob Azam menambahkan, aktivitas produksi dari Yaris Cross melibatkan 270 perusahaan lokal yang mencangkup permesinan, baterai pek, bodi, sasis, sampai bagian lain pada mobil.

Adapun baterai Yaris Cross, dirakit lokal di fasilitas pabrik TMMIN di Karawang 2. Sementara mesinnya, diproduksi di pabrik Karawang 3.

Baca juga: Spek Baterai IBC Gen 2 yang Bakal Dipakai Berbagai Motor Listrik

Toyota Yaris Cross mulai dikirim ke diler-dilerKompas.com/Rully Toyota Yaris Cross mulai dikirim ke diler-diler

"Dengan memproduksi Yaris Cross, kami menambah hingga 12 supplier baru yang turut menyumbangkan nilai kandungan lokal hingga 80 persen," jelas Bob.

"Baterai itu rantainya panjang. Ini baru IC pack saja (yang dirakit lokal). Mudah-mudahan kalau volume-nya meningkat terus kita bisa meningkatkan lokalisasi," kata dia.

Diketahui, Yaris Cross hadir dengan dua pilihan mesin, yakni bensin 1.5 L dan hybrid 1.5 L. Pada varian bensinnya, mobil dibekali oleh mesin 2NR-VE, yang mampu menghasilkan tenaga 78 kW dan 138 Nm.

Sementara opsi hybrid, dibekali mesin 2NR-VEX yang motor elektrik dengan baterai lithium-ion. Motor listrik tersebut mampu menghasilkan tenaga 59 kW dan 141 Nm.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com