Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bikin Penasaran, Ada Bos Honda di Launching Baterai Motor Listrik IBC

Kompas.com - 13/06/2023, 13:41 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia Battery Corporation (IBC) resmi meluncurkan Battery Asset Management Services (BAMS), yang terdiri dari baterai, stasiun penukaran baterai dan aplikasi Internet of Things (IoT).

Saat ini setidaknya ada lima merek motor listrik yang menyatakan mendukung BAMS mulai dari Gesits, Volta, Viar, United dan Alva, serta dua pelaku industri motor konversi yaitu Bintang Racing Team (BRT) dan Spora EV.

Baca juga: Ajak Honda e Berkendara di Jalan Raya, Stabil dan Menyenangkan

Menariknya saat peluncuran, terlihat Thomas Wijaya Executive Vice President Director (EVPD) PT Astra Honda Motor (AHM), di kantor Kementerian Koordinator bidang Maritim dan Investasi (Marves), di Jakarta, Senin (12/6/2023).

Indonesia Battery Corporation (IBC) resmi meluncurkan Battery Asset Management Services (BAMS). Salah satu yang diperkenalkan ialah baterai generasi kedua buatan IBC yang akan dipakai oleh beberapa merek motor listrik.KOMPAS.com/Gilang Indonesia Battery Corporation (IBC) resmi meluncurkan Battery Asset Management Services (BAMS). Salah satu yang diperkenalkan ialah baterai generasi kedua buatan IBC yang akan dipakai oleh beberapa merek motor listrik.

Kehadiran petinggi motor Honda tersebut menimbulkan pertanyaan soal posisi Honda di blantika motor listrik Tanah Air.

Sebelumnya diketahui pada awal 2023, Honda mengonfirmasi bakal melansir dua motor listrik. Kehadiran Honda di acara itu membuat pertanyaan apakah artinya Honda menimang atau sekadar buka opsi melihat-lihat keunggulan baterai IBC.

"Saya hanya memenuhi undangan," kata Thomas yang mengelak untuk melakukan wawancara saat ditemui Kompas.com di lokasi.

Motor listrik Honda EM1 e: dipamerkan di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (19/2/2023). Motor listrik ini telah mengusung Honda Mobile Power Pack e:, yaitu teknologi baterai terbaru yang dapat ditukar dengan mudah, dan bisa melakukan pengisian daya di rumah.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Motor listrik Honda EM1 e: dipamerkan di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (19/2/2023). Motor listrik ini telah mengusung Honda Mobile Power Pack e:, yaitu teknologi baterai terbaru yang dapat ditukar dengan mudah, dan bisa melakukan pengisian daya di rumah.

Saat dikonfirmasi kepada Direktur Utama IBC, Toto Nugroho, orang nomor satu IBC tersebut juga tidak memberikan jawaban soal tujuan mengundang Honda sebagai penguasa pasar motor internal kombusi di Indonesia ke acara tersebut.

Baca juga: Risiko Bahaya dari Atas Buat Pengendara Motor

"Sedang kita bicarakan tapi detailnya tidak bisa ungkap di sini. Kembali seperti yang kami sampaikan bahwa apapun jenis motor listriknya baterainya IBC listriknya PLN," kata Toto.

Seperti diketahui, pada pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023, AHM resmi memajang dua motor listrik, pertama ialah PCX Electric dan kedua ialah motor listrik baru EM-1 e.

Thomas yang saat itu masih jadi Direktur Pemasaran AHM mengatakan, pihaknya belum bisa memastikan model mana yang akan dijual di Indonesia. Namun menyatakan, bakal ada dua model motor listrik yang meluncur pada tahun 2023.

Sebuah baterai motor listrik Honda terpantau berada di kantor Kementerian ESDM, Selasa (30/5/2023).KOMPAS.com/RULY KURNIAWAN Sebuah baterai motor listrik Honda terpantau berada di kantor Kementerian ESDM, Selasa (30/5/2023).

Baca juga: Perhatikan Hal Ini Sebelum Melakukan Restorasi Motuba

Adapun pada akhir Mei 2023, baterai motor listrik Honda terpantau sudah berada di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Diduga baterai ini tengah menjalani serangkaian uji coba sebelum benar-benar dilepas ke konsumen.

Berdasarkan pantauan Kompas.com, baterai motor listrik yang dipajang di gedung Lintas EBTKE Kementerian ESDM di Cikini, Jakarta Pusat, itu berbeda dengan yang muncul di pameran IIMS 2023.

Dalam lemari kabinet yang bertuliskan ‘Mobile Battery’ itu terdapat 8 buah baterai yang diposisikan berdiri. Secara tampilan, desain lemari kabinet lebih sederhana ketimbang yang muncul di IIMS.

Namun bila diperhatikan, maka cover baterai tampak mirip. Di mana baterai yang berbentuk balok ini memiliki semacam pegangan di atasnya, yang berguna untuk memudahkan ketika dipindahkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com