Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biaya Restorasi Mobil Lawas Bisa Tembus Ratusan Juta Rupiah

Kompas.com - 13/06/2023, 14:01 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi para pecinta mobil klasik yang berniat melakukan restorasi, pasti penasaran dengan kisaran dana yang dibutuhkan. Besaran harganya bisa bervariasi, tergantung kebutuhan dan keinginan masing-masing.

Pemilik A2M Car Interior, Muhammad Badruzzaman mengatakan, secara umum tidak ada batasan biaya untuk konsumen yang ingin melakukan restorasi.

“Untuk biaya restorasi tidak dapat di patok. Biasanya dari bahan sampai jadi estimasi bisa Rp 100 jutaan. Biaya tersebut mulai dari cat, kerok bodi yang keropos, interior, audio, kelistrikan, hingga mesin,” ucap pria yang akrab disapa Azzam kepada Kompas.com, Minggu (11/6/2023).

Baca juga: Bikin Toyota Kijang Super Jadi Baru dan Modern

Seperti contoh Toyota Kijang Super yang baru saja di restorasi oleh A2M Car Interior menelan biaya Rp 152 juta.

Biaya tersebut meliputi restorasi total. Mulai dari cari unit kendaraan, potong sasis, perbaikan bodi, ubah eksterior dan interior, hingga penyematan teknologi canggih seperti head unit model floating.

Namun, jika pemilik sudah memiliki unit kendaraan atau bahan restorasi. Maka biayanya bisa lebih murah.

Restorasi Toyota Kijang Superdok A2M Car Interior Restorasi Toyota Kijang Super

“Kalau bodi dari customer atau sudah ada ‘bangkai’ istilahnya, itu bisa di angka Rp 100 juta kurang,” kata Azzam.

Sementara itu, pemilik showroom mobil lawas Kedai Built Up di Bekasi, Jawa Barat, Helmie Sarosa mengatakan, ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar biaya restorasi mobil lawas tidak membengkak.

“Pertama larinya jangan dulu ke original, tapi balikin sehat dan klimis dulu. Lebih penting membuat mobil untuk bisa nyaman dibawa berkendara. Misalnya pastikan mobil tidak mogok, mesin tidak rembes, overheat dan sebagainya,” kata Helmi.

Baca juga: PO Indorent Luncurkan Layanan Bus Pariwisata

Kemudian, cek bagian kaki-kaki mobil. Jika aman, bisa lanjut merapikan eksterior dan interior.

“Bikin kaca atau sekalian detailing, itu dulu saja biar murah. Buat mobil Jepang mungkin sekitar Rp 5 juta sampai Rp 10 jutaan,” kata Helmi.

Jika sudah, bisa mencicil beberapa komponen yang sudah harus diganti. Misal bagian peredam, karet-karet pintu, dan lainnya, dengan estimasi sekitar Rp 5 jutaan sampai Rp 10 jutaan. Artinya, total biaya untuk restorasi mobil lawas untuk tahap awal bisa mencapai Rp 20 jutaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com