Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hyundai Genjot Produksi Ioniq 5, Digeber 1.000 Unit Per Bulan

Kompas.com - 12/06/2023, 14:41 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Hyundai Ioniq 5 menjadi salah satu mobil listrik terlaris di Indonesia. Indennya sangat panjang hingga membuat kapasitas produksi mobil ini dinaikkan.

Beberapa waktu lalu, inden pembelian Ioniq 5 bisa mencapai satu tahun. Tingginya permintaan tidak sebanding dengan kapasitas produksi.

Baca juga: Teaser Kedua Hyundai Ioniq 5 N Rilis, Dilengkapi Suara Buatan

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, respons pasar di Indonesia untuk Ioniq 5 sangat tinggi. Produksi terkini hanya sekitar 3.000 unit per tahun, tapi preorder sudah 5.000 unit dalam waktu tunggu.

IONIQ 5 Sebagai Kendaraan Resmi Untuk Para Delegasi KTT Asean ke-42Hyundai IONIQ 5 Sebagai Kendaraan Resmi Untuk Para Delegasi KTT Asean ke-42

"Jadi, kita harus memperbesar kapasitas dan saya dengar dalam waktu dekat Anda (Hyundai) memproduksi 1.000 unit per bulan untuk membuat kapasitas 5.000 unit per tahun," ujar Ridwan, dalam sambutannya, saat peresmian pabrik sistem baterai Hyundai, di Cikarang, beberapa waktu lalu.

Ridwan mengatakan, banyak temannya yang punya uang, tetapi tidak punya Ioniq 5 karena antrean yang sangat lama. Artinya, pasar sangat bagus.

Baca juga: Video Hyundai Ioniq 5 Bisa Berjalan Menyamping Seperti Kepiting

Pernyataan Ridwan Kamil dikonfirmasi oleh pihak PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI). Kapasitas produksi Ioniq 5 memang sudah ditingkatkan.

Hyundai Ioniq 5Kompas.com/Donny Hyundai Ioniq 5

“Kami sangat berterima kasih atas penerimaan masyarakat yang sangat baik pada Hyundai Ioniq 5. Sejak Maret 2023, kapasitas produksi Hyundai Ioniq 5 sudah ditingkatkan secara signifikan dibanding sebelumnya," ujar I Wayan Bagiarta, Director of Production Group HMMI, kepada Kompas.com, belum lama ini.

"Saat ini, kami sudah memproduksi Ioniq 5 di level 1.000 unit per bulan dalam rangka mengurangi lead time indent yang panjang. Hal ini lantaran mulai membaiknya pasokan chip semikonduktor yang ada," katanya.

Untuk diketahui, Ioniq 5 termasuk mobil listrik yang mendapatkan insentif dari pemerintah. Sebab, Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) Ioniq 5 diklaim mencapai 40 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com