Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Airbag buat Sepeda Motor Siap Meluncur 2025

Kompas.com - 11/06/2023, 12:01 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Teknologi keselamatan pada sepeda motor terus berkembang dari waktu ke waktu. Paling baru, fitur keselamatan aktif airbag yang sudah jamak pada mobil, sudah siap diterapkan buat roda dua.

Dilansir dari Ride Apart (11/6/2023), Autoliv, sebuah perusahaan Swedia yang memiliki spesialisasi dalam kantung udara, memiliki rencana besar untuk mengembangkan teknologi keselamatan sepeda motor.

Kabarnya, perusahaan akan meluncurkan teknologi airbag khusus motor baru pada kuartal pertama 2025.

Baca juga: Baru Meluncur, Daihatsu New Terios Langsung Diskon Rp 10 Juta

Airbag for Bike cara kerjanya terinspirasi dari kursi lontar pesawat tempur. Foto: Tangkapan layar Airbag for Bike cara kerjanya terinspirasi dari kursi lontar pesawat tempur.

Seperti diketahui, teknologi airbag dalam dunia sepeda motor bukanlah hal baru. Tapi ide Autoliv sangat berbeda.

Rencananya akan diproduksi sistem bag-on-bike airbag pertama, yang berarti airbag akan ditempelkan pada titik tertentu pada sepeda motor.

Ini akan sangat berguna dalam skenario over-the-bar, di mana pengendara dapat mengalami cedera ekstrem saat terlempar dari motor.

Baca juga: Solusi Mesin Mobil Berlumpur Akibat Pakai Oli Palsu

Lebih lanjut, Autoliv menyatakan telah melakukan simulasi virtual yang ekstensif, dan eksperimennya telah mengungkapkan bahwa kantung udara yang dipasang di bagian depan sepeda motor juga dapat mengurangi cedera pada kepala, leher, dan dada.

Nantinya, sistem airbag akan dirancang kompak dan kompatibel dengan berbagai pilihan kendaraan roda dua.

Teknologi ini akan menggabungkan berbagai sensor tabrakan, ECU dengan algoritma yang dapat memutuskan apakah akan menggunakan airbag atau tidak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com