Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Formula E Jakarta, Begini Rekayasa Lalu Lintas di Ancol

Kompas.com - 04/06/2023, 07:21 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Balap Formula E Jakarta 2023 digelar double header atau dua ronde pada dua hari yang berbeda pada 3 dan 4 Juni 2023.

Untuk mengantisipasi kemacetan yang terjadi di sekitar lokasi, Dinas Perhubungan DKI Jakarta telah menyiapkan rekayasa lalu lintas.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo mengatakan, pihaknya akan menerapkan rekayasa lalin di beberapa titik jalan jika tejadi kemacetan saat digelarnya Jakarta E-Prix 2023.

Baca juga: Nissan Bawa Mobil Hybrid di GIIAS, Antara X-Trail atau Serena e-Power

lokasi parkir formula e jakarta 2023 Kompas.com/Nanda lokasi parkir formula e jakarta 2023

"Apabila terjadi kepadatan lalu lintas di Jalan Lodan Raya dan Jalan RE Martadinata, kendaraan besar dari arah Pluit diarahkan masuk ke Pintu Tol Gedong Panjang 2 dan keluar di Pintu Tol Kebon Bawang, dan Jalan Yos Sudarso (situasional)," ujar Syafrin, dalam keterangan tertulis (3/6/2023).

Syafrin pun mengimbau para pengguna jalan agar dapat menyesuaikan diri. Salah satunya dengan menghindari kawasan Ancol.

"Pengendara diminta mematuhi rambu-rambu lalin dan petunjuk dari petugas di lapangan," ucap Syafrin.

Baca juga: Daihatsu Ayla 1.200 cc Lebih Irit daripada 1.000 cc, Bagaimana Bisa?

Ia menambahkan, pihaknya juga menyiapkan lima kantong parkir bagi pengunjung Ancol dan penonton Jakarta E-Prix 2023 serta layanan shuttle bus yang disediakan.

Kelima titik fasilitas parkir yang disediakan yakni di Perumahan Coasta Villa Jalan Bukit Golf Raya dan lapangan Kobexindo yang disediakan untuk pemilik tiket premier suite.

Kedua, fasilitas parkir di Jakarta International Stadium (JIS) untuk pemilik tiket royal suite 1A. Ketiga, lokasi parkiran di Hailai Ancol yang diperuntukkan untuk pemilik tiket deluxe suite 1B dan corporate suites.

Baca juga: Cerita Fans Berat Formula E, Rela Keluar Rp 53 Juta Demi Sang Idola

Shuttle bus di Gerbang Selatan Jakarta International Stadium (JIS) yang hendak menjemput penonton Formula E dengan kategori tiket Deluxe Suite dan Royal Suite.KOMPAS.com/BAHARUDIN AL FARISI Shuttle bus di Gerbang Selatan Jakarta International Stadium (JIS) yang hendak menjemput penonton Formula E dengan kategori tiket Deluxe Suite dan Royal Suite.

Keempat, di JIExpo Kemayoran menjadi fasilitas parkir untuk pemilik tiket VIP, grandstand 2A-21 dan sirkuit festival.

“Kelima, penonton Formula E 2023 yang memarkirkan kendaraannya di Ancol diarahkan parkir di Symphony of The Sea dan disediakan shuttle bus (bus Wara Wiri Ancol), apabila fasilitas parkir telah penuh diarahkan parkir di tempat lainnya yang telah disediakan," kata Syafrin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com