Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Fans Berat Formula E, Rela Keluar Rp 53 Juta Demi Sang Idola

Kompas.com - 03/06/2023, 15:42 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kecintaan terhadap idola bisa menjadi pemicu sikap impulsif untuk tidak segan-segan mengeluarkan biaya. Hal ini nampak di gelaran Formula E Jakarta 2023, di mana ada seorang fans rela merogoh kocek Rp 53 juta.

Fans itu bernama Naoko Naomi, wanita karir asal Jepang yang sangat menggandrungi balap jet listrik. Dia datang ke Indonesia untuk menyaksikan idolanya berlaga, yakni Mitch Evans dan Sam Bird

Naoko mengatakan, dirinya sudah mengikuti sepak terjang duo pebalap tim Jaguar TCS Racing itu mulai tahun 2018. Tidak butuh waktu lama, dia mengaku ‘naksir berat’ dengan keduanya.

Dia selalu menyempatkan waktu untuk mendatangi balap Formula E, sekalipun itu di luar negeri. Tujuan utamanya adalah melihat Sam Bird dan Mitch Evans berlaga, sembari melakukan liburan.

Baca juga: Tips Nyaman Nonton Ajang Balap Formula E Jakarta 2023

Naoko Naomi (kanan), turis asal jepang yang merogoh kocek sebesar Rp 53 juta untuk menonton Formula E JakartaKOMPAS.com/daafa Naoko Naomi (kanan), turis asal jepang yang merogoh kocek sebesar Rp 53 juta untuk menonton Formula E Jakarta

Pada sesi fan village alias jumpa fans Formula E, di mana para penggemar berkesempatan datang ke paddock dan bertemu pebalap, Naoko menerima kejutan dari tim Jaguar TCS Racing.

Dia mendapatkan panggilan dari pit crew Jaguar untuk masuk serta berdialog langsung dengan Sam dan Mitch. Sontak saja, hal itu membuatnya terkesima dan berderai air mata.

“Saya sudah menelusuri karir mereka berdua (Sam dan Mitch) sejak GP3, mereka luar biasa,” ucapnya kepada Kompas.com, Sabtu (3/6/2023).

Naoko bercerita, dirinya memang sudah berencana datang ke Jakarta sejak awal tahun 2023. Selain melihat Formula E, dia berencana berlibur di Bali.

Baca juga: Mobil Balap Formula E Pakai Coolant Khusus untuk Dinginkan Baterai

Formula E Jakarta 2023 berlangsung di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Ancol, Jakarta Utara, pada Sabtu (3/6/2023).KOMPAS.COM/AHMAD ZILKY Formula E Jakarta 2023 berlangsung di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Ancol, Jakarta Utara, pada Sabtu (3/6/2023).

Terkait total biaya yang dikeluarkan, Naoko mengatakan jika dirinya merogoh kocek sebanyak 500.000 yen atau setara dengan Rp 53 juta. Dia tidak merasa rugi mengeluarkan biaya sebesar itu.

“Mungkin tahun depan akan saya ulangi lagi (datang nonton Formula E di Indonesia),” ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com