Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suzuki Bicara Soal Kemungkinan Produksi Grand Vitara di Indonesia

Kompas.com - 03/06/2023, 19:22 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejak meluncur pada Februari 2023, Suzuki Grand Vitara hybrid telah menerima respon positif. Hal ini diketahui dari jumlah pemesanan yang telah mencapai 350 unit hingga akhir Mei.

Dari jumlah tersebut, 80 persen konsumen di Indonesia diklaim memilih memesan Grand Vitara varian tertinggi, yakni tipe GX.

Melihat animo yang positif dan nama besar Grand Vitara, apakah nantinya membuat PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengambil langkah memproduksinya di dalam negeri? Karena seperti diketahui, SUV ini masih dikirim secara utuh dari India.

Baca juga: Suzuki Klaim Grand Vitara Varian Tertinggi Jadi Favorit Konsumen

Saat menanyakan hal ini, Donny Saputra, 4W Sales Director PT SIS menjelaskan bila kemungkinan untuk Grand Vitara diproduksi di Indonesia bisa saja terjadi.

Seremoni serah terima Suzuki Grand Vitara ke konsumenKOMPAS.com/STANLY RAVEL Seremoni serah terima Suzuki Grand Vitara ke konsumen

Bahkan tak menutup kemungkinan soal harga bisa lebih murah dari yang saat ini dipasarkan. Namun demikian, tetap ada beberapa hal yang jadi pertimbangan.

"Kami sedang studi kemungkinannya untuk diproduksi bila permintaannya cukup besar. Lalu ke depannya kami studi produksi secara lokal di Indonesia. Harga itu tergantung fitur yang akan disematkan, kalau ada peningkatan tentunya ada perubahan harga dan sebagainya, tapi dengan lokalisasi yang pasti memperpendek jalur distribusi," ujar Donny kepada media di Jakarta, Sabtu (3/6/2023).

Meski melihat dari segi penerimaan pasar, namun Donny menjelaskan, tidak ada angka pasti untuk dijadikan patokan khusus agar Grand Vitara dapat diproduksi di Indonesia.

Karena selain dari penyerapan pasar, studi dalam banyak hal lain juga ikut dilakukan Suzuki sebelum memutuskan ke jenjang produksi. Salah satunya soal industri.

Baca juga: Suzuki Serahkan Unit Perdana Grand Vitara ke Konsumen di Jabodetabek

Suzuki Grand Vitara dipamerkan di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (16/2/2023). Grand Vitara hadir dengan teknologi hybrid terbaru dari Suzuki bernama Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS).KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Suzuki Grand Vitara dipamerkan di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (16/2/2023). Grand Vitara hadir dengan teknologi hybrid terbaru dari Suzuki bernama Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS).

"Kalau kuantitas atau volume tidak mengikat, tapi saat ini kami studi. Jadi tidak hanya berdasarkan volume saja, tapi kesiapan lain yang juga kami pelajari betul-betul, seperti persiapan industri, dan lainnya," ujar Donny.

Soal penjualan, dengan animo yang baik sejak peluncuran, Donny menjelaskan, target penjualan Grand Vitara di Indonesia bisa terserap 300 unit per bulan, atau mencapai 2.000 unit hingga akhir 2023.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com