Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tugas Berat Kia Carens Varian Baru, buat Dongkrak Jualan

Kompas.com - 24/05/2023, 17:21 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kreta Indo Artha (KIA) resmi melengkapi varian dari Kia Carens. Dengan varian baru tersebut, KIA berharap bisa menggenjot penjualan di tahun ini.

Menurut Ario Soerjo, Marketing & Development Division Head KIA, tahun lalu, dari 2021 ke 2022, Kia memang ada penurunan karena masalah suplai. Empat bulan pertama disebutnya masih belum terlalu bagus.

Baca juga: Kia Luncurkan Carens 1.5 L IVT dengan Captain Seat

Pada periode tersebut, pandemi juga masih melanda dan dampaknya masih sangat terasa di Indonesia. Berbeda dengan tahun ini, di mana aktivitas sudah mulai kembali seperti normalnya.

Interior Kia Carens 1.5 L IVT 6-seatersKompas.com/Donny Interior Kia Carens 1.5 L IVT 6-seaters

"Sebab, sampai bulan April itu kita baru 420-an unit. Jadi, sampai akhir tahun ini, kita harus tingkatkan penjualan jadi lebih baik dibandingkan 2022 yang hanya 2.200 unit kira-kira," ujar Ario, saat ditemui di Jakarta, Selasa (23/5/2023).

"Pada 2021, kita bisa jual sampai 3.000 unit. Ya, ini karena banyak hal, ada global supply, ada segala macam. Kita harapkan untuk paruh kedua dengan adanya Carens varian terbaru ini bisa memberikan opsi dan meyakinkan konsumen bahwa Kia juga serius di sini," kata Ario.

Baca juga: Impresi Berkendara Kia Sonet Menjelajah Sejauh 500 Km

Ario menambahkan, sampai April kemarin, KIA baru menjual 400-an unit, jika melihat data (wholesales) Gaikindo. Untuk angka retail, menurutnya, tidak tidak terpaut jauh dengan wholesales.

Kia Carens 1.5 L IVT 6-seatersKompas.com/Donny Kia Carens 1.5 L IVT 6-seaters

Carens sendiri sekarang hadir dalam tiga varian. Sebelumnya, sudah dipasarkan varian Carens 1.5 L IVT 7-seaters dan Carens 1.4 L Turbo DCT 6-seaters. Sekarang, dilengkapi dengan Carens 1.5 L IVT 6-seaters.

Selain Carens, Kia juga masih memasarkan Big Up, Seltos, Sonet, Grand Carnival, dan mobil listrik EV6.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com