Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Status Mobil Listrik Kia EV4, Masih Dipersiapkan

Kompas.com - 24/04/2023, 14:21 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kia menjadi salah satu pabrikan yang banyak menawarkan mobil listrik. Belum lama ini, pabrikan asal Korea Selatan tersebut dikabarkan sedang menyiapkan EV4.

Hingga saat ini, Kia terhitung sudah banyak merilis model mobil listrik, mulai Soul, Niro, EV6, dan yang terbaru adalah EV9. Selain itu, ada beberapa mobil listrik lainnya yang masih dalam tahap pengembangan.

Baca juga: Kia Siapkan Dana Rp 11 Triliun buat Bangun Pabrik Mobil Listrik

Salah satunya adalah EV4 yang kabarnya akan mengisi segmen SUV listrik di segmen menengah. Model ini terutama akan memenuhi kebutuhan pembeli Eropa, dan dimaksudkan sebagai titik masuk baru Kia menuju nol emisi. Setidaknya, sebelum EV3 yang lebih kecil memasuki pasar.

Kia EV6 GT-LineKompas.com Kia EV6 GT-Line

Dikutip dari Carscoops.com, Senin (24/3/2023), Kia masih bungkam tentang detail mengenai EV yang akan meluncur berikutnya. Namun, seperti yang sempat dibeberkan oleh Kia, dimensi EV4 akan jauh lebih kecil daripada EV6.

EV4 kemungkinan akan memiliki jejak yang mirip dengan Soul EV generasi kedua yang memulai debutnya pada tahun 2018 dan Seltos.

Meskipun belum ada spyshot dari EV4 yang akan datang, Carscoops membuat rendering spekulatif berdasarkan rumor dan menggunakan bahasa gaya Kia, yakni "Opposites United".

Baca juga: Begini Jadinya kalau Kia EV9 Jadi Pikap

Desain yang dihasilkan mengambil isyarat dari EV6 yang lebih besar, seperti garis jendela, lampu belakang yang terhubung ke spatbor belakang, dan permukaan profil. Namun, tampilannya kurang futuristik dibandingkan EV9.

SUV listrik Kia EV9Dok. Kia SUV listrik Kia EV9

Belum diketahui apakah Kia akan menggunakan platform terbaru atau mengandalkan platform yang sudah ada, yakni Electric Global Modular Platform (E-GMP), seperti yang digunakan pada EV6 dan EV9.

Jika rumor tersebut benar, Kia EV4 diperkirakan akan debut sebagai salah satu mobil listrik jelang akhir tahun 2023 atau sekitar paruh pertama tahun 2024. Dengan harga yang lebih terjangkau dari EV6, kemungkinan besar EV4 juga bisa dipasarkan di Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com