Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kia Siapkan Dana Rp 11 Triliun buat Bangun Pabrik Mobil Listrik

Kompas.com - 14/04/2023, 18:01 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kia resmi melakukan seremoni peletakan batu pertama untuk pembangunan pabrik baru di pabrik Kia Hwaseong, di Provinsi Gyeonggi, Korea Selatan.

Pabrik tersebut dikhususkan memproduksi kendaraan multifungsi atau Purpose Built Vehicle (PBV) bertenaga listrik.

“Hyundai Motor, Kia, dan Hyundai Mobis bersama-sama berencana untuk menginvestasikan KRW 24 triliun (sekitar Rp 2,1 triliun) di industri kendaraan listrik domestik pada tahun 2030, dengan tujuan untuk menjadi salah satu brand dari tiga brand teratas di pasar EV global,” ucap Presiden dan CEO Kia, Ho Sung Song, mewakili Hyundai Motor Group, Jumat (14/4/2023).

Baca juga: PO ALS Luncurkan 2 Unit Bus Baru Pakai Bodi Berbeda

Ho Sung Song melanjutkan, fokusnya saat ini adalah untuk meningkatkan daya saing seluruh ekosistem kendaraan listrik, termasuk penelitian dan pengembangan, produksi, infrastruktur, serta memimpin dalam mendorong perubahan dan inovasi di dunia industri otomotif masa depan.

Kia akan menginvestasikan sekitar satu triliun won (atau sekitar Rp 11 triliun) untuk mengamankan lahan seluas 99.000 hektar dengan kapasitas produksi per tahun mencapai 150.000 unit pada tahun pertama dan dapat ditingkatkan sesuai kondisi pasar.

Rencananya, produksi massal perdana dari pabrik PBV ini akan dilakukan pada paruh kedua tahun 2025.

Kia EV6 GTkia.com Kia EV6 GT

Pabrik kendaraan multifungsi atau PBV bertenaga listrik ini akan dibangun sebagai pabrik yang ramah lingkungan dengan menerapkan teknologi manufaktur yang canggih dan inovatif, sehingga dapat menurunkan emisi karbon yang dihasilkan.

Pabrik ini juga mengadopsi kecerdasan teknologi dari Hyundai Motor Group dan merek pabrik pintar Kia, ‘E-FOREST Technologies.

Tak hanya itu, fasilitas baru ini akan menjadi pabrik yang ‘human-friendly’ dengan mendorong otomatisasi dalam pekerjaan yang memerlukan tingkat kefokusan tinggi, sekaligus dapat memperluas ‘keterbukaan’ pada perspektif dan kreativitas, serta mengurangi tingkat kebisingan yang dihasilkan oleh pabrik pada umumnya.

Baca juga: Duel SUV 1.000 cc Turbo, Pilih Raize atau Magnite? [Video]

Model PVB pertama yang diproduksi

Kia berencana untuk menampilkan SW (nama mobil konsep), sebagai model pertama dalam jajaran kendaraan multifungsi bertenaga listrik pada tahun 2025.

Model ini akan menjadi kendaraan multifungsi bertenaga listrik dengan dimensi sedang dan akan dibangun di atas platform “eS” yang didedikasikan khusus untuk kendaraan listrik berbasis baterai.

Berbagai jenis bodi kendaraan dipastikan dapat diaplikasikan secara fleksibel pada platform tersebut.

Diharapkan pada tahun 2030, Hyundai Motor Group akan memiliki total jajaran 31 model EV, termasuk model dari Hyundai Motor, Kia, dan merek premium, Genesis. Adapun untuk Kia, telah meluncurkan EV9 yang merupakan SUV listrik dengan konfigurasi kursi tiga baris pertama pada tahun ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com