Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sosok Hyundai Creta Listrik Tertangkap Kamera

Kompas.com - 24/05/2023, 14:41 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Sumber Rushlane

NEW DELHI, KOMPAS.com - Sosok yang ditengarai sebagai Hyundai Creta Electric atau Creta listrik kembali tertangkap kamera saat sedang uji jalan. Mengindikasikan bahwa Hyundai memang makin gencar bermain di segmen elektrifikasi.

Creta bertenaga baterai itu diposting untuk menemani Ioniq 5 dan Ioniq 6. Adapun Creta Electric dikembangkan dengan nama kode SU2i EV dengan prototipe awal berdasarkan varian konvensional yang sudah eksis.

Baca juga: Wuling Siap Pakai Baterai Mobil Listrik Buatan Lokal

Sosok yang ditengarai sebagai Hyundai Creta Electric atau Creta EV tertangkap kamera saat sedang uji jalan. Foto: Rushlane Sosok yang ditengarai sebagai Hyundai Creta Electric atau Creta EV tertangkap kamera saat sedang uji jalan.

Dilansir dari Rushlane, foto Creta Electric ini diambil oleh seorang penggemar otomotif bernama Nitin Tyagi yang sedang mengisi daya mobil listrik miliknya dan tidak sengaja melihat mobil tersebut.

Menariknya dalam foto yang tersebar, Creta Electric yang sedang uji jalan tersebut tidak memakai stiker kamuflase.

Satu-satunya ciri alias identitas sebagai mobil listrik hanya dilihat dari tonjolan di bagian bawah mobil berwarna krom atau bahan metal, yang tampaknya merupakan bagian struktural yang menopang paket baterai.

Selain tonjolan tersebut tidak terlihat apapun di bagian luar yang menunjukkan bahwa ini bukan Creta biasa. Bisa jadi hal ini yang membuatnya tidak perlu sktiker kamulfase yang justru bakal menarik perhatian.

Baca juga: Efek Mobil Sering Dijemur, Cat Bisa Terkelupas dan Karet-karet Getas

Foto stok: Hyundai Creta.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Foto stok: Hyundai Creta.

Di sisi lain, mengubah mobil bermesin konvensional menjadi prototipe listrik bukan hal yang mudah, tetapi para insinyur dan teknisi Hyundai tampaknya telah melakukan pekerjaan yang cukup rapi.

Belum ada spesifikasi yang bisa diungkap dari Creta EV. Namun diharapkan mobil bakal memakai beberapa suku cadang dari Kona EV, termasuk motor listrik PMSM bertenaga 136 tk dan torsi puncak 395 Nm.

Paket baterai juga kemungkinan berasal dari saudara kandung internasionalnya. Baterai polimer lithium-ion bersertifikasi ARAI kapasitas 39,2 kWh yang bisa membawa mobil berkelana lebih dari 400 km.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com