Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puncak Arus Balik Lebaran Belum Terjadi, Jalanan Belum Padat

Kompas.com - 26/04/2023, 14:41 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Puncak arus balik Lebaran 2023 awalnya diperkirakan terjadi pada Senin (24/4/2023) dan Selasa (25/4/2023). Meski begitu, kemacetan parah tidak terjadi karena kebijakan yang diterapkan pemerintah.

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, mengatakan, kepadatan kendaraan pada puncak arus balik mudik Lebaran Selasa (25/4) mengalami penurunan sebesar 13 persen.

“Akan tetapi karena ada kebijakan yang sudah diumumkan pemerintah tentunya terjadi penurunan arus balik 13 persen,” ujar Sigit, dilansir dari Humas Polri (26/4/2023).

Baca juga: Mobil Kemalingan di Rest Area Jagorawi, Saat Dicek CCTV Tidak Aktif

Ilustrasi ganjil genap di Tol Trans Jawa. Rute dan jadwal penerapan ganjil genap saat arus mudik Lebaran 2023. Rute dan jadwal penerapan ganjil genap saat arus balik Lebaran 2023.ANTARA FOTO/DEDHEZ ANGGARA Ilustrasi ganjil genap di Tol Trans Jawa. Rute dan jadwal penerapan ganjil genap saat arus mudik Lebaran 2023. Rute dan jadwal penerapan ganjil genap saat arus balik Lebaran 2023.

Menurut Sigit, hal ini tidak lepas dari strategi dan kebijakan untuk mengurai kepadatan pada saat arus mudik Lebaran tahun ini.

Adanya penurunan 13 persen kendaraan arus balik, menurut Kapolri terbantu dengan kebijakan pemerintah bagi TNI-POLRI-ASN untuk menghindari arus balik melalui cuti tambahan.

Selain itu, juga karena perubahan waktu halal bihalal instansi pada hari Senin depan, serta pemberian tarif diskon tol pada 27-29 April 2023.

Baca juga: Potret Macet Parah di Puncak, Mobil Tidak Bergerak 12 Jam

“Tentunya masih ada waktu yang bisa dimanfaatkan masyarakat. Sehingga puncak arus balik tersebut betul-betul bisa terdistribusi dalam beberapa hari ini,” ucap Sigit.

“Dari hasil pengecekan yang seharusnya hari ini bagian dari arus balik tadi kita melihat terjadi perubahan. Awalnya kita duga hari ini sampai besok pagi akan menjadi puncak arus balik,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com