Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingat, Saat Arus Balik Pemudik Bisa Keluar Tol untuk Istirahat dan Gratis Masuk Lagi

Kompas.com - 26/04/2023, 11:02 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Rest area di dalam tol menjadi tempat favorit pemudik untuk beristirahat. Lokasi tersebut kerap dijumpai penuh, saking banyaknya pengguna yang rehat di sana.

Daripada pengguna mobil berhenti di bahu jalan yang berisiko, sebaiknya keluar dari tol untuk beristirahat sejenak. Selain itu, pemudik juga bisa mengisi bahan bakar di lokasi yang sudah disediakan.

Pemudik tidak perlu khawatir akan ada pemotongan biaya tambahan ketika hendak masuk tol lagi, dengan kata lain masuk tol lagi setelah keluar itu gratis.

Baca juga: Update One Way Tol Kalikangkung-Cikampek Diperpanjang Sampai Hari Ini

Antrean dalam Rest Area Km 57 tol Japek, Rabu (19/4/2023) pada waktu istirahat siang mulai pukul 11.30 WIB.KOMPAS.COM/FARIDA Antrean dalam Rest Area Km 57 tol Japek, Rabu (19/4/2023) pada waktu istirahat siang mulai pukul 11.30 WIB.

Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi mengatakan apabila ada yang membutuhkan rest area boleh keluar dahulu exit tol nanti masuk kembali hanya tapping.

“Mungkin masyarakat mengidentikkan tapping dengan pemotongan saldo, padahal ini hanya tapping saja, silakan memanfaatkan fasilitas di luar jalan tol, itu juga membantu,” jelas Kakorlantas dikutip dari NTMC Polri, Selasa (25/4/2023).

Kakorlantas mengimbau agar pemudik tidak memaksakan diri bila sudah terlalu lelah, tapi tepat wajib memperhatikan mobil yang berhenti harus berada di pinggir jalan. Bahkan, bila lebih sayang dengan keluarga sebaiknya keluar tol untuk beristirahat sejenak karena itu lebih aman.

Baca juga: Pengemudi Harus Terapkan Berkendara Aman Selama Arus Balik Lebaran

Antrean panjang kendaraan mulai terjadi di Gerbang Tol Cikampek Utama (Cikatama) 2, Selasa (25/3/2023) sore.Dok. Komunitas Drone Antrean panjang kendaraan mulai terjadi di Gerbang Tol Cikampek Utama (Cikatama) 2, Selasa (25/3/2023) sore.

Direktur Utama (Dirut) PT Jasamarga Semarang-Batang, Nasrullah mengatakan pemudik bisa keluar tol untuk istirahat secara gratis tanpa ada syarat apa pun, asal kartu tol tidak hilang.

“Tidak ada pembatasan waktu atau mekanisme khusus, pokoknya keluar untuk istirahat setelah selesai bisa masuk lagi untuk melakukan tapping,” ucap Nasrullah dikutip dari Kompas.com, Rabu (26/4/2023).

Jadi, keluar tol bisa masuk lagi secara gratis selama kartu tol atau tiket tidak hilang, karena syarat dapat keluar masuk tol adalah dengan melakukan tapping.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com