Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumor Suzuki Mau Kembali ke Ajang MotoGP

Kompas.com - 24/04/2023, 10:42 WIB
Dio Dananjaya,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Pabrikan Suzuki membuat kabar mengejutkan dengan pamit dari ajang MotoGP. Meskipun tidak diketahui kapan terjadi, ada rumor Suzuki bakal kembali ke kelas para raja balap.

Pernyataan ini diungkap oleh Presiden FIM Jorge Viegas, usai bertemu dengan orang nomor satu pabrikan Suzuki.

Sebagai informasi, mundurnya merek ini bermula pada Mei 2022, ketika itu Suzuki mengatakan bahwa keadaan ekonomi dan biaya pengembangan teknologi baru di dunia otomotif memaksa pabrikan asal Hamamatsu pamit.

Baca juga: Jawaban Honda soal Rumor Scoopy Pakai Mesin 160 cc

Suzuki Spanish rider Joan Mir goes for the third free practice session ahead of the San Marino MotoGP Grand Prix at the Misano World Circuit Marco-Simoncelli on September 18, 2021 in Misano Adriatico, Italy. (Photo by ANDREAS SOLARO / AFP)ANDREAS SOLARO Suzuki Spanish rider Joan Mir goes for the third free practice session ahead of the San Marino MotoGP Grand Prix at the Misano World Circuit Marco-Simoncelli on September 18, 2021 in Misano Adriatico, Italy. (Photo by ANDREAS SOLARO / AFP)

"Mulai dari Covid kemudian kondisi ekonomi global, pastinya situasi mereka (Suzuki) tidak mudah," ujar Viegas, dikutip dari GPOne (24/4/2023).

"Saya berbicara dengan bos Suzuki, ia bilang mereka mundur dari MotoGP karena tengah mempersiapkan mesin tipe baru," kata dia.

Seperti diketahui, semenjak ditinggal Suzuki, MotoGP kini hanya diikuti oleh lima pabrikan, yaitu Honda, Yamaha, Ducati, Aprilia, dan KTM.

Baca juga: Trailer Fast X Kembali Rilis, Ramai Mobil Keren

"Saya pribadi percaya kalau Suzuki akan kembali (ke MotoGP), tapi saya tidak tahu pastinya kapan," ucap Viegas.

Usai Suzuki mundur, Dorna Sports selaku promotor MotoGP mengaku, sudah punya beberapa pabrikan yang tertarik untuk mengambil kursi yang ditinggalkan Suzuki.

Hanya saja slot tersebut masih belum diisi oleh pabrikan lain hingga saat ini. Padahal sempat ada rumor bahwa pabrikan BMW mau gabung MotoGP.

"Saat ini, kami (hanya) punya semua pabrikan yang ada di MotoGP. Kawasaki dan BMW tidak tertarik (untuk turun di MotoGP)," kata Viegas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com